Bukannya Ditinggalkan,5 Kebiasaan Buruk Ini Masih Sering Dilakukan Saat Ramadan

Bukannya Ditinggalkan,5 Kebiasaan Buruk Ini Masih Sering Dilakukan Saat Ramadan
Telat bangun pagi. (Freepik/ jcomp)

Berpuasa selama Ramadan akan berdampak pada perubahan rutinitas sehari-hari. Sayangnya, lima kebiasaan buruk ini masih sering dilakukan selama Ramadan. Apa sajakah kebiasaan tersebut?

Inibaru.id – Ramadan tak hanya tentang berpuasa. Dalam realitanya, di bulan ini kita akan mengalami banyak perubahan. Sebagai contoh, pola makan akan berubah mengikuti jadwal sahur, buka puasa, dan salat tarawih. Bulan ramadan juga bisa kita jadikan momen untuk berubah menjadi lebih baik. Hanya, terkadang kita masih melakukan kebiasaan buruk dan tidak sehat.

Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang masih sering kita lakukan di bulan Ramadan yang sebaiknya mulai kita tinggalkan.

1. Tidur Larut Malam

Tidur telalu larut bikin badan nggak segar loh. (Freepik/tirachardz)<br>
Tidur telalu larut bikin badan nggak segar loh. (Freepik/tirachardz)

Kalau kamu masih suka begadang, dianjurkan untuk segera bertobat ya, Millens. Cobalah mengelola aktivitas sehari-hari kamu agar bisa tidur lebih awal selama bulan Ramadan. Apalagi, kamu juga harus bangun di dini hari untuk makan sahur. Jika kamu tidur larut malam, bisa jadi akan mengalami kurang tidur. Hal ini tentu bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Selain itu, kurang tidur, tentu akan membuat kamu mengantuk dan kurang prima di siang hari. Kamu pun nggak bisa melakukan aktivitas dengan maksimal.

Makan Berlebihan

Yuk atur pola makan supaya tetap sehat saat puasa! (Freepik)<br>
Yuk atur pola makan supaya tetap sehat saat puasa! (Freepik)

Menjalankan ibadah puasa selama sekitar 14 jam dalam sehari membuat kamu lapar. Hal ini membuat kamu bisa sangat bernafsu untuk makan dalam jumlah banyak saat berbuka. Nggak hanya takjil, kamu juga akan menghabiskan minuman manis dan makanan berat. Meski bisa mengenyangkan. Hal ini kurang baik bagi kesehatan, lo, Millens.

Kamu tentu sering mendengar keluhan orang yang justru mengalami kenaikan berat badan di bulan puasa. Ternyata, penyebabnya adalah kebiasaan makan berlebihan seperti tadi. Hal ini berarti, kamu sebaiknya jangan kalap saat makan, ya?

Malas-Malasan

Puasa nggak boleh jadi alasan buat malas-malasan ya! (Shutterstock/ NotarYES)<br>
Puasa nggak boleh jadi alasan buat malas-malasan ya! (Shutterstock/ NotarYES)

Meski nggak makan dan minum seharian, bukan berarti kamu malas-malasan saja saat berpuasa. Semakin kamu nggak ngapa-ngapain, semakin mudah tubuh terasa lemas. Waktu juga akan terasa jauh lebih lambat sehingga rasa lapar dan haus akan semakin menjadi.

Lakukan aktivitas dengan normal meski berpuasa, ya Millens. Hanya, sebaiknya kamu nggak melakukan aktivitas yang terlalu berat demi menjaga energi hingga waktu berbuka tiba.

Tidur Setelah Sahur

Tidur di pagi hari kurang baik bagi kesehatan (tsabitmedia)
Tidur di pagi hari kurang baik bagi kesehatan (tsabitmedia)

Bangun dini hari untuk sahur rasanya pasti ngantuk banget, apalagi kalau kamu tidurnya terlalu larut. Padahal pagi harinya kamu juga harus berangkat kerja. Meski begitu, kamu ternyata nggak dianjurkan untuk tidur lagi setelah sahur, lo.

Tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan yang kamu konsumsi saat sahur. Kalau kamu tidur lagi, proses pencernaan akan terganggu dan akhirnya membuat perut terasa kembung, mual, dan begah. Makanya, saat bulan Ramadan usahakan tidur lebih awal agar nggak perlu tidur lagi setelah sahur.

Olahraga Sembarangan

Kamu bisa coba yoga untuk olahraga selama puasa nih. (Freepik/ senivpetro)<br>
Kamu bisa coba yoga untuk olahraga selama puasa nih. (Freepik/ senivpetro)

Puasa nggak bisa dijadikan alasan untuk nggak berolahraga. Hanya, sebaiknya kamu juga nggak sembarangan melakukannya. Sebagai contoh, kalau kamu olahraga di pagi hari, tentu akan membuat badan terasa haus dan lemas seharian karena energi tubuh sudah dihabiskan sejak pagi.

Lakukan olahraga ringan di sore hari menjelang buka puasa seperti jalan kaki, bersepeda, atau melakukan yoga. Olahraga di malam hari juga bisa kamu lakukan, kok. Hanya, jangan terlalu dekat dengan waktu berbuka dan jangan sampai mengganggu ibadah salat tarawih, ya.

Nggak ada salahnya kamu memakai momen bulan Ramadan tahun ini untuk berubah. Mulai saat ini, tinggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut, ya Millens! (Pop/MG30/E07).