Bukannya Bikin Happy, Budaya Ulang Tahun di Indonesia Ini Malah Bikin Males

Bukannya Bikin Happy, Budaya Ulang Tahun di Indonesia Ini Malah Bikin Males
Budaya ulang tahun di Indonesia yang sebenarnya bikin kesel. (masirul.com)

Banyak orang di Indonesia yang memilih untuk menyembunyikan hari ulang tahunnya. Bukannya nggak mau dikasih selamat, mereka nggak mau terkena budaya ulang tahun di Indonesia yang bikin sebal. Apa saja sih?

Inibaru.id – Seharusnya, ulang tahun bisa jadi hari yang menyenangkan bagi siapa saja. Namun, beda soal kalau hal ini terjadi di Indonesia. Hari ulang tahun malah bisa jadi momok tersendiri lo. Banyak orang yang bahkan sampai khawatir hari ulang tahunnya diketahui orang lain.

Sebenarnya sih ya, kalau dikasih selamat atau dikasih hadiah sama keluarga, teman, atau orang terkasih pasti senang-senang saja. Masalahnya, seringkali kita justru mendapatkan hal yang kurang menyenangkan meski dalihnya untuk senang-senang. Nggak percaya, yuk simak budaya ulang tahun di Indonesia yang sebenarnya bikin males, Millens.

Yang Ulang Tahun Malah Disuruh Traktir

Ini beneran bikin males lo. Banyak orang yang bahkan sengaja nggak mau ngasih tahu orang lain soal hari ulang tahunnya karena khawatir disuruh traktir teman-temannya. Apalagi kalau pas lagi nggak punya uang, bakal kelimpungan, kan?

Kalau nolak nraktir, nantinya dikira pelit. Padahal, bisa jadi kamu sebenarnya sedang butuh ngirit karena ada keperluan lain yang lebih mendesak. Malah bikin resah, ya?

Entah dari mana budaya ini berawal. Satu hal yang pasti, beneran bikin kesel deh. Apalagi kalau yang ulang tahun malah nggak mendapatkan hadiah apapun dari yang ditraktir. Hm, mending nggak usah kasih selamat deh kalau akhirnya cuma minta ditraktir.

Di Indonesia, yang ulang tahun malah disuruh traktir. Duh. (Flickr/ chee.hong)
Di Indonesia, yang ulang tahun malah disuruh traktir. Duh. (Flickr/ chee.hong)

Dikerjain Secara Keterlaluan

Sebenarnya sih ya, dikerjain bisa saja berarti seru atau malah bikin kesel. Kalau yang ngerjain teman-teman deket seperti disiram tepung atau telur biasanya menyenangkan. Tapi, kalau dikerjainnya yang kebangetan seperti sampai diikat di pohon atau diceburkan ke selokan, ini sudah kebangetan namanya.

Sudah beberapa kali terjadi kasus mengerjai orang yang ulang tahun berujung petaka, lo, Millens. Ada yang diikat di tiang listrik lalu diguyur air hingga kesetrum dan meninggal. Ada yang meninggal karena tenggelam akibat diceburkan ke sungai dalam. Duh, kalau ngerjain jangan yang keterlaluan deh.

Ngucapin Selamat di Tengah Malam

Katanya sih, kalau mengucapkan ulang tahun pertama kali, artinya perhatian, ya? Tapi, kalau yang ulang tahun nggak terbiasa begadang, hal ini malah bisa bikin jengkel, lo. Bagaimana nggak, lagi enak-enaknya tidur, eh malah dibangunin gara-gara telepon berdering atau didatangin teman-teman yang ingin mengucapkan ulang tahun.

Ingat ya, tengah malam itu waktu untuk beristirahat. Kamu juga masih punya 24 jam penuh untuk mengucapkan selamat bagi orang yang ulang tahun di hari tersebut. Nggak ada bedanya, kok. Yang diselamati sama-sama senang. Apalagi kalau kamu juga ngasih hadiah. Haha.

Nah, dari semua budaya ulang tahun di Indonesia yang bikin males ini, kamu pernah mengalami yang mana saja, nih, Millens(Hip/IB09/E05)