Bukan Scorpio dkk, Inilah Nama-Nama Zodiak Dalam Bahasa Indonesia

Bukan Scorpio dkk, Inilah Nama-Nama Zodiak Dalam Bahasa Indonesia
Zodiak dan lambangnya. (Bank Sinarmas/Bustle)

Entah untuk seru-seruan atau serius, ada banyak orang yang percaya pada zodiak. Zodiak disebut dapat memprediksi kehidupan seseorang. Eh, kamu sudah tahu belum kalau nama-nama rasi bintang atau zodiak memiliki versi bahasa Indonesia-nya? 

Inibaru.id – Konon melalui rasi bintang, manusia mempelajari pola kehidupan sehingga dapat membuat prediksi untuk kelancaran hidupnya. Rasi bintang ini yang dijadikan acuan untuk bercocok tanam, panen, berburu, hingga migrasi.

Para astrolog juga percaya bahwa rasi bintang dapat “menunjukkan” masa depan manusia. Dari situlah istilah zodiak dikenal, yang menggambarkan lingkaran atas dua belas bagian yang berpusat pada jalur matahari.

Yang kita tahu, zodiak merupakan serapan dari bahasa Yunani, zodiakos kuklos yang artinya lingkaran bintang.

Ke-12 rasi bintang ini adalah Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Aquarius, Capricorn, dan Pisces. By the way, kamu sudah tahu belum kalau nama-nama ini punya versi Indonesianya? Yuk, simak!

Zodiak dalam Bahasa Indonesia

1. Aries: Mesa atau Hamal

Zodiak dengan lambang domba jantan ini memiliki nama Indonesia Mesa atau Hamal. Orang-orang yang lahir antara 21 Maret hingga 19 April merupakan pemilik zodiak ini. Pada sisi astronomi, rasi ini berada di belahan langit utara khatulistiwa.

2. Taurus: Wrisaba atau Saur

Lambangnya sapi jantan. Dalam bahasa Indonesia Taurus disebut Wrisaba atau Saur. Kamu yang lahir antara 20 April hingga 20 Mei masuk dalam golongan zodiak ini. Taurus merupakan gugus bintang di belahan langit sebelah utara khatulistiwa.

3. Gemini (Mintuna atau Jauza)

Rasi bintang yang berada di belahan langit utara khatulistiwa ini tampak pada malam hari antara bulan Januari-Mei. Nama dalam bahasa Indonesianya adalah Mintuna atau Jauza. Lambang zodiak Gemini adalah orang kembar. Pemiliknya, orang-orang yang lahir antara 21 Mei sampai dengan 21 Juni.

4. Cancer (Karkata)

Rasi bintang ini bisa dilihat di belahan langit utara khatulistiwa. Cancer disebut Karkata dalam bahasa Indonesia. Zodiak keempat yang dilambangkan dengan kepiting. Kamu berzodiak Karkata jika lahir antara 22 Juni sampai dengan 22 Juli.

5. Leo (Singha atau Asad)

Rasi bintang di belahan langit utara khatulistiwa dari sisi astronomi. Istilah bahasa Indonesia untuk Leo adalah Singha atau Asad. Zodiak ini dimiliki orang yang lahir antara 23 Juli sampai dengan 22 Agustus.

6. Virgo (Kanya atau Mayang atau Sunbulat)

Gugus bintang ini terletak di antara Leo dan Libra pada deklinasi 0 derajat. Rasi bintang ini memiliki 3 istilah dalam Bahasa Indonesia yaitu Kanya, Mayang, atau Sunbulat. Banyak juga ya? Lambangnya berupa dua perempuan kembar. Zodiak ini dimiliki orang-orang kelahiran antara 23 Agustus sampai dengan 22 September.

7. Libra (Tula atau Mizan)

Rasi bintang Libra berada di belahan langit selatan khatulistiwa. Libra disebut Tula atau Mizan dalam bahasa Indonesia. Pada sisi astrologi, zodiak urutan ketujuh ini digambarkan dengan neraca. Konon, orang-orang Libra sangat teliti karena penuh pertimbangan. Benarkah? O ya, Libra dimiliki mereka yang lahir antara 23 September sampai dengan 22 Oktober.

8. Scorpio (Kricika atau Kala)

Manusia menggunakan astronomi rasi bintang untuk bercocok tanam. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Manusia menggunakan astronomi rasi bintang untuk bercocok tanam. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Rasi bintang Scorpio berada di belahan langit selatan khatulistiwa, Millens. Sebutan Indonesia untuk Scorpio adalah Kricika atau Kala. Lambangnya berupa kalajengking. Hm, tampaknya pas ya dengan nama “Kala”. Zodiak ini dimiliki kamu yang lahir antara 24 Oktober sampai dengan 21 November.

9. Sagitarius (Danuh atau Kaus)

Sagitarius merupakan rasi bintang di belahan langit selatan khatulistiwa yang tampak pada waktu malam bulan April-Oktober. Dalam Bahasa Indonesia, Sagitarius disebut dengan Danuh atau Kaus. Lambangya orang yang sedang memanah dan dimiliki orang-orang yang lahir antara 22 November sampai dengan 21 Desember.

10. Capricorn (Makara atau Jadi)

Capricorn merupakan rasi bintang di belahan langit selatan khatulistiwa. Lambang zodiak yang memiliki nama nasional Makara atau Jadi ini adalah domba jantan. Zodiak ini disandang orang yang dilahirkan antara tanggal 22 Desember sampai dengan 19 Januari.

11. Aquarius (Delu atau Kumba)

Sama seperti Capricorn, letak astronomi rasi bintang Aquarius berada di belahan langit selatan khatulistiwa. Kamu bisa lo menyebut Aquarius dengan Delu atau Kumba. Zodiak yang dilambangkan orang yang menuangkan air ini dimiliki orang-orang yang lahir antara tanggal 20 Januari sampai dengan 18 Februari.

12. Pisces (Hut atau Mina)

Kamu bisa melihat bintang ini di belahan langit sebelah utara khatulistiwa pada waktu malam bulan September dan Oktober. Digambarkan dengan ikan, zodiak ini memiliki nama Indonesia Hut atau Mina. Rasi bintang keduabelas ini dimiliki orang-orang yang lahir antara 21 Februari sampai dengan 20 Maret.

Jadi, gimana, Millens? Mana bintangmu? (GNFI/IB21/E03)