Bukan Reaktif Covid-19, Rapid Test Lelaki Ini Malah Menunjukkan 'Tes Kehamilan: Reaktif'

Bukan Reaktif Covid-19, Rapid Test Lelaki Ini Malah Menunjukkan 'Tes Kehamilan: Reaktif'
Hasil tes rapid menunjukan hasil reaktif, tapi pada kolom imunologi dituliskan "Tes Kehamilan". (Kumparan)

Sempat menjalani karantina dan tes rapid lantaran sebelumnya melakukan perjalanan dari area risiko (OAR), hasil tes lelaki NTT ini justru menunjukkan hasil mengejutkan. Tes Kehamilan: Reaktif? Kok bisa?

Inibaru.id – Apa jadinya jika seorang lelaki yang semula dikarantina lantaran berisiko terkena Covid-19 mendadak didiagnosis hamil? Hal ini dialami seorang warga Ariyanto Boik, yang sempat dikarantina di Rusun Ne'e, Desa Sanggaoen, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, NTT.

Sebelumnya, Ariyanto yang diduga melakukan perjalanan dari area berisiko (OAR) harus menjalani karantina dan melakukan tes rapid. Namun, pada Sabtu (12/6/2020), alih-alih menerima hasil atas tes rapid yang dijalaninya, dia malah didiagnosis lain.

"Tes Kehamilan: Reaktif," begitulah yang tertulis dalam surat keterangan yang dikeluarkan Laboratorium RSUD Baa tersebut. Surat itu merujuk pada hasil tes rapid yang dijalani Ariyanto.

Pada kolom imunologi, tertera jelas bahwa lelaki 27 tahun itu didiagnosis tes kehamilan dengan hasil "reaktif". Tentu saja hal tersebut membuat pihak keluarga berang. Mereka pun segera mendatangi tempat karantina dan pihak Gugus Tugas Covid-19 bertanggung jawab.

Naomi Toulasik sebagai perwakilan keluarga secara tegas melontarkan keraguan atas hasil tes rapid itu. Menurutnya, petugas kesehatan yang menangani ODP maupun AOR di Rusun Ne'e nggak melakukan tugasnya dengan baik, sehingga hasilnya nggak sesuai.

Dia meminta agar petugas kesehatan nggak main-main dengan virus yang sedang melanda di seluruh belahan dunia ini. "Kita tahu penyakit ini sudah merenggut nyawa banyak orang, jadi jangan main-main," cecarnya.

Sempat Besitegang

Pihak keluarga geram akibat hasil rapid tes Covid19 yang malah menunjukan hasil tes kehamilan. (Shutterstock)
Pihak keluarga geram akibat hasil rapid tes Covid19 yang malah menunjukan hasil tes kehamilan. (Shutterstock)

Menanggapi anomali tersebut, pihak keluarga segera bertemu dengan penanggung jawab Rusun Ne'e dr Rina Pudjiyati untuk mempertanyakan hasil tes.

Senada dengan Naomi, Ferdinan Boik yang merupakan kakak kandung Ariyanto juga mengaku nggak terima dengan hasil tes rapid ini. Dia sempat bersitegang urat leher dengan petugas kesehatan lantaran hasil janggal tersebut.

"Aneh, pengambilan sampel untuk tes Covid-19 kok hasil yang keluar justru positif hamil, apalagi pasiennya laki-laki," keluh Ferdinan.

Menanggapi kejadian ini, juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Rote Ndao dr Widianto Adhy SpOg mengakui adanya kesalahan pengetikan pada surat hasil tes Ariyanto. Namun, hasil tes rapid memang menunjukkan bahwa pasien atas nama Ariyanto Boik berstatus "reaktif Covid-19".

Widianto kemudian meminta waktu untuk melakukan pemeriksaan ulang  agar bisa benar-benar memastikan hasil tes rapid Ariyanto Boik.

Duh, bahaya juga kalau sampai salah diagnosis begitu ya, Millens. Eh, tapi tes rapid kan cuma salah satu tahapan awal sebelum seseorang pasti dinyatakan positif Covid-19, kan? (Lip/MG29/E03)