Saat Merasa Sakit, Jangan Buru-Buru Minum Obat!

Saat Merasa Sakit, Jangan Buru-Buru Minum Obat!
Hal utama yang harus dilakukan saat terserang penyakit. (iStock)

Langkah pertama yang biasa dilakukan orang saat merasa sakit adalah meminum obat. Padahal, itu nggak sepenuhnya benar. Saat merasakan sakit, kamu bisa melakukan hal-hal ini.

Inibaru.id – Kondisi cuaca seperti sekarang ini memang sulit diprediksi. Kadang dari pagi hujan, satu jam kemudian panas terik. Ditambah dengan polusi udara kota yang kian merajalela, kondisi ini kerap membuat tubuh lungkrah dan cepat terserang penyakit seperti flu, demam, dan sakit kepala.

Kalau sudah terjangkit penyakit, beberapa orang langsung minum ramuan herbal dan obat tradisional. Sementara bagi sebagian lainnya, mereka memanfaatkan fasilitas kesehatan dengan meminta resep obat dari dokter.

Namun, mengonsumsi obat saat baru terjangkit penyakit bukan hal yang dianjurkan. Terlalu banyak meminum obat juga nggak baik. Kamu cukup merebahkan badan dan segera beristirahat ketika merasa sakit.

Dalam The Journal of Experimental Medicine diungkapkan, sebuah studi menyebut beristirahat merupakan cara yang efisien untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada akhirnya, sistem imun bisa membasmi infeksi virus yang menggerogoti tubuhmu.

Hasil tersebut didapatkan setelah melakukan survei terhadap 10 responden. Para responden itu dikelompokkan menjadi dua. Kelompok pertama, para pasien yang sedang merasa sakit diminta untuk tetap terjaga selama satu malam. Sementara sisanya, dibiarkan segera beristirahat dengan cara tidur.

Dua minggu kemudian, dua kelompok tersebut berganti peran. Para peneliti mengambil sampel darah dari masing-masing kelompok untuk mengukur sel-T. Sel tersebut merupakan sel darah putih sebagai peran utama pada sistem kekebalan tubuh seseorang.

Dari penelitian tersebut, tidur membuat sel-T bekerja lebih aktif melawan penyakit dan lebih baik pada peserta yang diminta untuk tidur sesaat mereka sakit. Sementara, peserta yang tetap terjaga di malam hari memiliki kecenderungan penghambatan pada kemampuan sel-T.

Seorang dokter pengobatan darurat dan salah satu pendiri klinik medis Accesa Health Dr Chirag Shah juga pernah meneliti manfaat tidur. Dia mengatakan, tidur bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh karena dapat meningkatkan pengembangan molekul pelindung.

“Selain manfaat kesehatan fisik, tidur juga dapat memengaruhi kesehatan mental Anda,” tandasnya.

Hm, nggak perlu beli obat mahal-mahal, Millens. Saat merasa sakit cukup beristirahat dengan cara tidur, ya! (IB24/E04)