Bukan Malas, Ini Alasan Kenapa Kucing Lebih Banyak Tidur

Bukan Malas, Ini Alasan Kenapa Kucing Lebih Banyak Tidur
Kucingmu nggak malas kok! (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Kucing rumahan ternyata menghabiskan hari dengan lebih banyak tidur. Namun bukan berarti mereka adalah pemalas, lalu apa alasannya?

Inibaru.id – Bermain dnegan kucing bisa menjadi salah satu stress relief ketika di rumah. Namun pernah nggak sih kamu mendapati kucingmu bermalas-malasan atau bahkan tidur saat diajak bermain? Jika kamu cermat, kamu juga bakal menyadari bahwa mereka juga banyak menghabiskan waktu untuk tidur.

Eits jangan buru-buru mengira kucingmu malas atau penyakitan, kebiasaan tidur pada kucing ini hal yang lumrah kok! Dalam sehari, kucing bisa menghabiskan waktu sekitar 16-20 jam untuk tidur. Hampir seharian ya!

Mereka harus siap dengan untuk menangkap mangsa. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Mereka harus siap dengan untuk menangkap mangsa. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Ternyata tidur seharian yang dilakukan oleh kucing ini bersifat genetik, Millens! Meski disebut kucing rumahan, kucing tetap memiliki sifat alami mereka sebagai predator yang sudah tertanam di DNA. Nah, kebiasaan lebih banyak tidur pada kucing ini membantu mereka untuk menghemat energi yang nantinya bakal digunakan untuk berburu mangsa!

Ya, berburu mangsa dengan mengejarnya adalah hal yang melelahkan bagi kucing lo. Namun bagi kucing rumahan, energi yang mereka simpan biasanya akan dipergunakan untuk hal lain selain berburu. Energi mereka biasanya digunakan untuk bermain dengan pemiliknya atau kucing lain di rumah.

Nggak Tidur Nyenyak

Meski lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk tidur, namun bukan berarti kucing tidur dengan nyenyak lo. Sebagai predator, mereka harus selalu siap untuk bangun kapan saja dan waspada dengan keadaan di sekitarnya.

Energi mereka digunakan untuk bermian dneganpemilik atau kucing lain. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Energi mereka digunakan untuk bermian dneganpemilik atau kucing lain. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Saat kucing tidur atau berada dalam keadaan tidur ringan, biasanya hal ini akan terjadi bertahap selama 15-30 menit. Sedangkan jika kucing tidur dalam keadaan gerakan otak yang cepat, mereka biasanya hanya tidur selama lima menit saja.

Oh ya, kucing juga dikenal dengan hewan dengan sifat krepuskular, atau hewan yang aktif di waktu fajar dan sore hari. Sifat ini berhubungan dengan perilaku predator lain di alam liar. Kucing akan berburu pada waktu fajar dan sore hari untuk mengurangi risiko bertemu dengan predator besar.

Nah itu lah mengapa kucingmu terlihat lebih banyak tidur pada siang hari, Millens! (Bob/IB27/E05)