Bukan di Jakarta, Mall Tertinggi di Indonesia Ada di Wamena

Bukan di Jakarta, Mall Tertinggi di Indonesia Ada di Wamena
Ilustrasi: Mall tertinggi di Indonesia ada di Wamena. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Kalau kamu kira mall tertinggi di Indonesia ada di Jakarta, kamu salah, Millens. Justru, mall tertinggi ada di Wamena. Nah, bagi orang di luar Wamena, kalau mau ke mall ini harus naik pesawat dulu, lo.

Inibaru.id - Coba tebak Millens, di mana mall tertinggi di Indonesia? Pasti yang terpikir pertama adalah ada di Jakarta mengingat ada banyak gedung pencakar langit di sini. Padahal, yang benar adalah mall tertinggi justru ada di Wamena, Papua.

Mall Wamena ada di wilayah yang kita kenal dengan Lembah Baliem. Nah, Wamena sendiri memang sudah lama dikenal sebagai kota di dataran tinggi, tepatnya di ketinggian 1650 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gedung-gedung pencakar langit di Jakarta nggak ada yang memiliki ketinggian hingga ribuan meter di atas permukaan laut. Jadi, bisa mengerti kan alasan mengapa mall ini adalah yang tertinggi di Indonesia?

Mall Wamena. (Istimewa)<br>
Mall Wamena. (Istimewa)

Nama mall-nya memang sangat sederhana, sesuai dengan nama kotanya. Lokasinya ada di pusat kota Wamena, tepatnya di Jalan Trikora. Nah, mall ini dianggap sebagai salah satu simbol modernitas di kawasan pegunungan Papua.

Namanya juga mall, siapa saja pasti tertarik untuk datang ke sana. Masalahnya, harga barang yang ditawarkan di sini cukup mahal. Hal ini disebabkan oleh mahalnya biaya distribusi barang-barang ke Wamena. Maklum, baik orang atau barang, harus diangkut dengan pesawat agar bisa sampai ke kota ini.

Hal ini disebabkan oleh satu-satunya akses transportasi terbaik dari Timika ataupun Jayapura ke Wamena adalah dengan pesawat terbang. Memang, ada akses transportasi darat, namun medannya sangatlah berat dan membutuhkan waktu sangat lama untuk mencapai Wamena. Jadi, pesawat dianggap sebagai opsi terbaik.

Kota Wamena yang punya ketinggian 1650 Mdpl. (Medcom)<br>
Kota Wamena yang punya ketinggian 1650 Mdpl. (Medcom)

Desain Mall Wamena ternyata sangat unik dan disesuaikan dengan kultur lokal. Arsitekturnya mirip dengan Honai, rumah adat Suku Dani. Nah, agar tetap terkesan modern, cat mall ini warna-warni.

Sayangnya, beda dengan mall-mall di kota lainnya, Mall Wamena cenderung sepi. Selain karena jumlah penduduk Wamena yang juga nggak banyak, yakni hanya lebih dari 41 ribu penduduk per 2019 lalu, lokasinya juga jauh dari kota-kota lain. Meski begitu, keberadaannya tentu bisa dijadikan opsi belanja bagi warga sekitar.

Kalau kamu berkesempatan main ke Wamena, jangan lupa mampir di mall tertinggi di Indonesia ini, ya? Pasti bakal seru, kok. (Goo/IB28/E07)