Bukan Baju Baru, Sebaiknya Ini yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Lebaran

Bukan Baju Baru, Sebaiknya Ini yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Lebaran
Meski baju baru juga penting, ada hal lain yang harus kamu persiapkan jelang Lebaran. (Pixabay/Pexels)

Baju baru identik dengan Lebaran. Tapi, daripada kamu meributkan baju Lebaran, sebaiknya mempersiapkan berbagai hal yang lebih penting ini, Millens.

Inibaru.id – “Baju baru Alhamdulillah”. Lirik dari lagu ini pasti terngiang-ngiang di benak orang Indonesia menjelang Lebaran alias Hari Raya Idulfitri. Realitanya, banyak orang yang mengidentikkan perayaan Lebaran dengan baju baru. Padahal, alih-alih mementingkan baju baru, kamu sebaiknya mempersiapkan berbagai hal lainnya, lo.

Kamu tahu sendiri kan, Millens, saat Lebaran, kita bakal bertemu dengan banyak orang saat Lebaran. Memang, dengan baju baru, penampilan kita jadi semakin cakep. Namun, sebenarnya ada hal lain yang nggak kalah penting dan harus kamu persiapkan sebelumnya.

Berikut adalah sejumlah hal yang sebaiknya kamu persiapkan sebelum Lebaran.

1.       Kue Lebaran

Nastar, kue khas Lebaran. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Nastar, kue khas Lebaran. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Lo, ini penting banget lo buat Lebaran. Rasanya nggak bakal lengkap deh Idulfitri kalau nggak ada kue Lebaran-nya. Yang identik dengan hari raya ini adalah nastar, kastengel, kacang bawang, dan berbagai kue kering lainnya.

Kalau kamu mau repot-repot membuatnya sendiri dan memiliki waktu luang untuk melakukannya, nggak ada salahnya kok. Sebenarnya, kamu juga bisa membelinya di berbagai tempat, dari swalayan, tetangga, atau memesannya secara daring.

Sejak awal bulan puasa, penjual kue-kue lebaran biasanya sudah bisa dengan mudah kamu temukan. Jadi, kamu tinggal memilih deh kue apa yang kamu inginkan. Eits, jangan lupa minuman buat tamu, juga, ya?

2.       Hidangan Lebaran

Opor, hidangan khas Lebaran. (Kmstour)
Opor, hidangan khas Lebaran. (Kmstour)

Kalau yang ini harus kamu siapkan benar-benar mepet menjelang Lebaran. Hal ini disebabkan oleh kebanyakan makanan Lebaran yang nggak tahan lama. Sebagai contoh, ketupat, opor ayam, dan sambal goreng ati nggak bisa tahan berhari-hari. Kamu pun biasanya bakal disibukkan untuk membuatnya persis sebelum hari H Lebaran, Millens.

3.       Peralatan Ibadah

Peralatan ibadah harus disiapkan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Peralatan ibadah harus disiapkan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Daripada ribut memikirkan baju baru, sebaiknya kamu justru mempersiapkan peralatan ibadah untuk Lebaran, Millens. Idulfitri kan sebenarnya adalah perayaan yang juga diiringi dengan ibadah. Apalagi solat Id dilakukan bersama-sama di masjid atau lapangan bersama-sama dengan banyak orang.

Oleh karena itu, kamu harus memastikan kalau peralatan ibadah kamu sudah lengkap dan layak untuk dipakai saat Idulfitri dulu, ya? Kalau sudah, baru deh kamu bisa memikirkan soal baju baru dan pernak-pernik lainnya.

Omong-omong, peralatan ibadah nggak harus baru, lo. Kalaupun yang kamu punya sudah lama, asalkan masih bagus, layak, dan bersih, sudah bisa kamu pakai untuk Lebaran, deh.

4.       Bersih-bersih Rumah

Demi Lebaran, kamu harus bersih-bersih rumah. (Flickr/Marco Verch)
Demi Lebaran, kamu harus bersih-bersih rumah. (Flickr/Marco Verch)

Nah, ini juga penting, Millens. Bersih-bersih rumah harus kamu lakukan menjelang Lebaran. Kan nanti pasti banyak tamu baik itu saudara jauh atau teman yang bakal main. Malu kan kalau saat Lebaran rumah justru kotor dan berantakan.

Di banyak tempat, beberapa hari menjelang Lebaran, banyak rumah yang dicat dengan warna yang baru. Kalau kamu malas melakukannya, yang penting rumah dibersihkan dan dirapikan dulu deh. Tata meja dan kursi ruang tamu juga ya agar orang-orang yang bertandang merasa nyaman.

Nah, daripada mikir baju baru Lebaran, apakah kamu sudah melakukan hal-hal itu, Millens? (Pul/IB09/E05)