Buka Puasa, Sebaiknya Minum Air Putih atau Teh?

Buka Puasa, Sebaiknya Minum Air Putih atau Teh?
Teh manis untuk berbuka puasa ((Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Berbuka dengan makanan atau minuman manis memang lebih nikmat. Hanya, jika diminta untuk memilih antara air putih atau teh manis, mana yang lebih cocok untuk berbuka puasa?

Inibaru.id – Saat berbuka puasa, banyak orang yang sengaja memilih untuk mengonsumsi makanan dan minuman manis. Sebagai contoh, teh manis sering dipilih karena rasanya yang menyegarkan. Hanya, ada orang yang merasa air putih lebih baik untuk dikonsumsi saat waktu berbuka tiba. Sebenarnya, mana sih yang lebih baik, minum air putih atau teh saat buka puasa?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa air putih memberikan banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Sebagai contoh, air putih bisa mencegah datangnya dehidrasi. Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk mengonsumsi setidaknya 8 gelas air putih per hari. Hal ini tentu sangat berbeda dengan teh. Kamu masih bisa hidup dengan sehat meski nggak pernah meminumnya.

Meski begitu, teh memiliki kelebihan yang nggak dimiliki oleh air putih, yakni adanya kandungan antioksidan yang sangat tinggi di dalamnya. Kandungan ini bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam The American Journal of Clinic Nutrition, disebutkan bahwa teh memiliki katekin yang tinggi. Katekin adalah sejenis antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari berbagai macam sumber penyakit.

Sayangnya, di balik kelebihan antioksidan ini, teh juga memiliki kekurangan. Jika dikonsumsi saat perut dalam kondisi kosong, bisa membuat asam lambung naik. Kenaikan asam lambung ini disebabkan oleh adanya kandungan kafein di dalam teh. Padahal, saat berbuka puasa, perut tidak terisi oleh makanan atau minuman apapun seharian. 

Lantas, bagaimana jika kamu sangat ingin minum teh yang menyegarkan saat berbuka puasa? Pakar  kesehatan menyarankan kamu untuk minum air putih terlebih dahulu untuk mengisi perut yang sebelumnya kosong. Air juga bisa mengencerkan sifat asam dari teh saat memasuki lambung. Hal ini diharapkan bisa mencegah perut terasa tidak nyaman saat berbuka.

Minum teh saat berbuka puasa (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Minum teh saat berbuka puasa (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Selain mengonsumsi air putih dan teh manis, kamu juga bisa mengonsumsi camilan saat berbuka puasa. Hal ini bisa membantu perut beradaptasi melakukan fungsinya sebelum kembali bekerja keras mengolah makanan. Setelah perut terasa nyaman, kamu bisa melanjutkannya dengan makanan berat.

Kalau kamu, lebih suka buka puasa dengan air putih, teh manis, atau justru minuman lainnya, nih, Millens?.  (Kum/MG31/E07)