Buaya di Ujung Kulon yang Suka Berjemur

Millens, nggak cuma manusia aja lo yang suka berjemur. Buaya muara di Ujung Kulon ini juga kerap berjemur.

Buaya di Ujung Kulon yang Suka Berjemur
Buaya yang sedang berjemur. (WWF/Oji Paoji)

Inibaru.id - Seekor buaya muara tertangkap kamera sedang berjemur di Pantai Taman Jaya, Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK). Momen itu berhasil diabadikan salah seorang anggota community organizer WWF Ujung Kulon, Oji Poji pada Selasa (20/3/2018).

Saat itu, Oji melewati Pantai Taman Jaya setelah melakukan survei mangrove. Lalu Oji melihat buaya tersebut sedang tertidur di bawah terik matahari sekitar pukul 13.00. Ini unik karena lokasi yang dipakai buaya itu biasanya justru digunakan anak-anak atau pengunjung untuk bermain dan berenang.

Baca juga:
Badak Putih Jantan Terakhir di Dunia Kini telah Mati
Walikota Malang Ditetapkan KPK sebagai Tersangka

Menurut informasi masyarakat, buaya muara ternyata memang sering berjemur di atas karang. Bahkan, saking seringnya muncul, buaya dianggap sebagai sahabat warga sekitar. Oji mengungkapkan kondisi ini bisa saja dilatarbelakangi karena habitat buaya yang terganggu. Hal itu membuat buaya muara mencari tempat baru yang dirasa nyaman.

“Ini belum kita analisis, bisa saja sumber pakan di muara yang menyusut. Namun, kita juga belum tahu apakah ini termasuk dampak kerusakan alam,” kata Oji seperti ditulis Detik.com, Rabu (21/3).

Baca juga:
Nicholas Saputra Bintangi Film Omnibus
erajaan Inggris Anugerahi Drummer The Beatles Gelar Kebangsawanan

Buaya muara diketahui banyak yang tinggal di kawasan TNUK. Mereka mendiami beberapa muara seperti muara Cibenoa, Cikaung, dan Taman Jaya.

Wah, buaya aja sering berjemur ya, Millens. Sehat banget tuh. Ha-ha. (TS/IF)