Buat Stok di Dapur, Ini Sayuran yang Mudah Ditanam dan Cepat Panen

Buat Stok di Dapur, Ini Sayuran yang Mudah Ditanam dan Cepat Panen
Menanam tanaman yang cepat panen. (Thespruce)

Kamu nggak harus menunggu waktu yang lama untuk memanen hasil berkebunmu. Sayuran-sayuran kaya nutrisi dan vitamin ini bisa jadi pilihan yang cocok untuk mengisi stok dapur kamu.

Inibaru.id – Aktivitas berkebun menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan. Meskipun kegiatan satu ini butuh teknik khusus seperti mengolah tanah, memilih tanaman, menabur benih, hingga memanennya.

Panen tentu menjadi waktu yang ditunggu-tunggu. Sayangnya, nggak semua tanaman bisa dipanen dengan singkat. Tanaman-tanaman tertentu memerlukan waktu tanam dan tumbuh yang lumayan lama untuk dinikmati hasilnya. Contohnya seperti buah-buahan. Namun ada pula yang butuh waktu sebentar seperti sayuran.

Nah, melansir Boldsky, berikut beberapa jenis sayuran yang bisa kamu panen dalam waktu yang singkat yaitu sekitar 30 hari saja.

Bayam

Bayam yang kaya nutrisi. (Recipeswithmore)
Bayam yang kaya nutrisi. (Recipeswithmore)

Kenal Popeye, tentu kenal makanan kesukaannya, bayam! Bayam memiliki banyak nutrisi sehat yang sangat baik untuk kekuatan tubuh. Bayam cuma butuh waktu 4-5 minggu hingga siap dipanen. Pastikan setelah menanam disiram dengan teratur setiap hari ya!

Selada

Selada yang lezat untuk dibuat salad. (Pxhere)<br>
Selada yang lezat untuk dibuat salad. (Pxhere)

Selada kaya akan kandungan serat, nggak heran sayuran satu ini dapat melancarkan pencernaan. Selada bisa tumbuh dengan baik di suhu rendah dengan waktu panen dari awal tanam kurang dari 30 hari lo. Varietas selada yang berbeda-beda bisa kamu tanam pula untuk merasakan berbagai macam jenis selada.

Baby Carrot

Wortel bayi. (Sindonews)<br>
Wortel bayi. (Sindonews)

Sayuran warna oranye cantik ini bisa dipanen dalam waktu 30 hari. Tanamlah benih baby carrot dalam sebuah pot khusus atau langsung dalam tanah. Siram sekali setiap 2 hingga 3 hari. Sebulan kemudian lihat hasilnya. Baby carrot yang enak siap untuk dibuat sup.

Lobak

Lobak, sayuran khas Tiongkok. (Masakanpraktisrumahan)
Lobak, sayuran khas Tiongkok. (Masakanpraktisrumahan)

Lobak memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Rentang waktu panen lobak ternyata sebentar lo, cukup 25-30 hari. Tanaman ini nggak memerlukan kondisi khusus untuk tumbuh. Untuk menanamnya cukup siapkan benih lobak, tanam di tanah, siram sekali setiap harinya.

Kacang Bush

Kacang bush yang nikmat ketika disayur. (Pixabay/Couleur)
Kacang bush yang nikmat ketika disayur. (Pixabay/Couleur)

Kacang bush dikenal sebagai salah satu tanaman yang estetik jika ditanam di dapur. Tumbuhnya lebih mudah jika dibandingkan dengan varian kacang lainnya. Waktu tanam hingga panen [pun nggak lama, sekitar 20 hari saja. Tanaman yang sarat dengan vitamin ini bisa kamu tanam untuk menambah pesona dapurmu.

Seru ya kalau bisa menanam sayuran sendiri buat stok di dapur. Sudahkah kamu mencobanya, Millens? (MG26/E06)