Belum Juga Move On? 3 Tips Ini Bisa Membuatmu Berdamai dengan Masa Lalu!

Belum Juga <em>Move On?</em> 3 Tips Ini Bisa Membuatmu Berdamai dengan Masa Lalu!
Meratapi seperlunya, mengikhlaskan sepenuhnya. Patah hati bukanlah akhir dari hidupmu! (unsplash)

Move On itu bukan soal melupakan, tapi mengikhlaskan. Melupakan memang sulit dan mengikhlaskan pun bukan perkara yang mudah. Namun, dengan tiga tips sederhana ini, semoga kamu dapat tergugah untuk berdamai dengan masa lalu.

Inibaru.id – Terkadang, yang bikin susah move on itu bukan sosok orangnya tapi, kenangan dan kebiasaan yang sering kamu jalani bersamanya. Terlebih lagi jika hubungamu dengan dia sudah berjalan lama. Kamu mungkin semakin pesimis untuk bisa melupakan mantan. So, kalau saat ini kamu sedang berjuang melupakan kenangan mantan, berikut ini tipsyang bisa kamu coba.

1. Tegas pada diri sendiri

Ikhlas ataupun nggak, jika memang berpisah adalah keputusan akhir yang disepakati, kamu harus menerimanya dengan lapang dada. Awalnya mungkin berat, tapi kalau kamu yakin pada diri sendiri pasti bakal enteng.

Jadi kamu perlu tegas dan yakin semuanya akan baik-baik saja! Saat kamu yakin kamu baik-baik saja tanpa dia, semesta juga bakal mendukungmu.

2. Kendalikan dirimu dengan realistis

Putus cinta mungkin bisa mempengaruhi kepribadian seseorang. Sebab, kamu harus kembali beradaptasi dengan fase yang baru. Wajar sih, tapi bukan berarti itu pembenaran untuk mengurung diri ya, Millens. Bagaimana pun, hidup harus terus berjalan.

Saat kamu teringat mantan, kamu harus segera sadar semuanya sudah berakhir. Jangan sampai larut dalam emosi berlebihan.

3. Produktif

Sudah nggak zaman putus cinta membuat orang "melempem". Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menunjukkan versi terbaikmu di masa yang akan datang. Toh dengan beraktivitas, kamu bisa mengalihkan fokus dan membiasakan diri untuk tidak memikirkan dia lagi.

Hmm, terdengar seperti omong kosong, ya? Tapi, demi kebaikanmu coba deh praktikkan pelan-pelan dan yakinkan diri bahwa kamu bisa tanpa dia! (IB23/E05)