Brooklyn Bugs, Surga Pencinta Makanan Berbahan Serangga

Dengan mengolah serangga menjadi makanan lezat, diharapkan stigma buruk tentang serangga selama ini bisa diubah menjadi lebih positif.

Brooklyn Bugs, Surga Pencinta Makanan Berbahan Serangga
Salah satu menu makanan dari bahan serangga di Brooklyn Bugs. (Twitter/@Brooklynbugs17)

Inibaru.id – Di beberapa tempat di Indonesia, serangga seperti belalang memang bisa dijadikan bahan makanan. Namun, bagaimana jika serangga lain seperti semut hitam, kalajengking, atau bahkan ulat juga dijadikan makanan? Nah, seorang chef berama Joseph Yoon dari Brooklyn, Amerika Serikat, memiliki ide untuk mengolah serangga-serangga yang terlihat menakutkan dan tak layak untuk dikonsumsi tersebut menjadi makanan yang atraktif. Bagaimana rasanya ya?

Detik.com (22/2/2018) menulis, Chef Joseph membuka kafe bernama Brooklyn Bugs di New York yang hanya menyediakan berbagai menu makanan dengan kandungan serangga.

“Kami mulai dengan mencari serangga yang aman untuk dimakan. Dengan membuatnya menjadi makanan yang lezat, stigma buruk tentang serangga diharapkan bisa berubah dan orang-orang akan mulai menganggapnya sebagai bahan makanan yang enak dan bergizi," ungkapnya.

Baca juga:
BTS Bakal Jadi Duta Global Puma
Tagar #AninSekolahLagi: Dukungan untuk Anin yang Diskors Lantaran Tampar Juniornya

Alasan memilih serangga sebagai bahan makanan adalah tingginya kadar gizi dari daging hewan ini. Selain itu, ekosistem serangga di seluruh dunia juga masih terjaga dengan baik sehingga menjadikannya bahan makanan tidak akan memberikan dampak buruk yang berarti bagi lingkungan.

Terdapat enam menu makanan yang diciptakan oleh Chef Joseph, salah satunya adalah Mealworms with Avocado atau Egg and Pomegranate. Menu ini memiliki rasa dan tekstur yang mirip dengan keju parut yang gurih dan renyah.

Menu lainnya adalah Manchurian Scorpion with Lobster and Wonton Chip yang terbuat dari kalajengking. Meskipun terlihat menakutkan karena bentuk kalajengkingnya masih terlihat utuh, makanan ini memiliki rasa yang luar biasa.

Baca juga:
“Sekala Niskala” yang Berjaya di Festival Film Berlinale
Empat Anggota “The Family MCA” Dibekuk Polisi

Selain ini, menu lain yang bisa kita coba di kafe unik tersebut adalah hidangan dengan topping lebah madu atau udang yang dilumuri dengan semut hitam dan berbagai serangga lainnya.

Wah, wah, unik tapi gimana gitu ya, Millens. Kira-kira kamu berani coba nggak ya? (AW/GIL)