Bripda GAP Laporkan Akun Pengunggah Video “Pacarmu Ganteng, Bisa Gini Nggak”

Bripda GAP Laporkan Akun Pengunggah Video “Pacarmu Ganteng, Bisa Gini Nggak”
Bripda GAP jadi viral karena videonya mengokang senjata. (Twitter/@kapansarjana_)

Akun Twitter @kapansarjana_ mengunggah video yang memperlihatan Bripda GAP tengah mengokang senjata sambil mengatakan “Pacarmu ganteng, bisa gini nggak?” Video ini kemudian viral dan menjadi perbincangan masyarakat. Hanya, Bripda GAP justru mengaku akan melaporkan akun tersebut. Kok bisa?

Inibaru.id – Brigadir Polisi Dua (Bripda) GAP menjadi pembahasan warganet dalam beberapa hari terakhir lantaran video yang memperlihatkannya mengokang senjata viral di media sosial. Dalam video tersebut, Bripda GAP mengenakan kaus seragam warna cokelat tengah mengangkat senjata laras panjang dan memainkan pelatuknya.

Dalam video berdurasi 4 detik itu Bripda GAP juga mengeluarkan candaan, “Pacarmu ganteng, kaya, bisa gini nggak?” Saking viralnya, Video ini ditonton lebih dari 4,6 juta kali, mendapatkan retweet lebih dari 10 ribu kali, dan like 40 ribu kali. Sayangnya, banyak warganet yang mengeluarkan komentar negatif pada video tersebut karena menganggap Bripda GAP menyombongkan diri dan profesinya.

Meski viral dan terkenal, Bripda GAP ternyata mendapatkan masalah akibat video ini. Dia bahkan sampai diperiksa oleh Propam Polda Metro Jaya. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan.

“Sudah diperiksa oleh Propam Pola Metro Jaya untuk klarifikasi,” kata Ahmad di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta pada Kamis (14/5/2020).

Bripda GAP mengaku video tersebut bukan untuk umum. (Twitter/@kapansarjana_)
Bripda GAP mengaku video tersebut bukan untuk umum. (Twitter/@kapansarjana_)

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Bripda GAP ternyata hanya membuat video tersebut untuk konsumsi pribadi. Dia membuatnya dengan Bripda RI saat bertugas melakukan pengawalan terhadap perusahaan pengisian uang mesin ATM.

"Sebelum melakukan pengawalan, Bripda GAP berinisiatif membuat video itu direkam oleh Bripda RI," terang Ahmad menjelaskan hasil BAP Bripda GAP yang merupakan anggota Unit 1 Subditgasum Direktorat Samapta Polda Metro Jaya itu.

Ternyata, video ini diunggah pada Senin (20/4/2020) di status WhatsApp miliki Bripda GAP. Tujuannya hanyalah untuk lelucon saja. Tanpa sepengetahuan Bripda GAP, ada orang yang mengunduh status tersebut. Video ini kemudian diunggah oleh akun Twitter @kapansarjana_ dan menjadi viral.

Kalimat "Pacarmu ganteng, kaya, bisa gini nggak?" ternyata bukan dimaksudkan untuk menyombongkan diri. Bripda GAP hanya ikut-ikutan candaan yang sedang ngetren dalam Bahasa Jawa dengan kalimat"pacarmu ganteng, sugih, iso ngene ra?" Sayangnya, candaan ini justru menjadi viral dan meresahkan masyarakat.

Kasus ini bisa menjadi pelajaran bagi kamu, Millens. Jangan sembarangan mengunggah video atau guyonan yang kontroversial agar nggak mendapatkan masalah, ya? (Pik/MG26/E07)