Bolehkah Ibu yang Terinfeksi Virus Corona Tetap Menyusui Bayinya?

Bolehkah Ibu yang Terinfeksi Virus Corona Tetap Menyusui Bayinya?
Bolehkah ibu yang terkena virus corona menyusui anak? (Washingtonia)

Positif menginfeksi 2 WNI, virus corona sukses membuat khawatir banyak orang tak terkecuali kalangan ibu menyusui. Bolehkah ibu yang terinfeksi virus corona menyusui buah hatinya? Berikut penjelasannya!

Inibaru.id - Virus corona telah menyebar ke Indonesia sehingga membuat khawatir banyak orang termasuk ibu menyusui. Kehawatiran ini menimbulkan berbagai pertanyaan, termasuk bolehkah ibu yang terinfeksi corona tetap menyusui bayinya? Berikut penjelasannya !

Meski memiliki kasus yang sedikit di Indonesia, namun semua orang termasuk ibu menyusui juga punya risiko tertular penyakit yang satu ini. Yang perlu diketahui, menyusui nggak berperan dalam penularan virus yang menyerang sistem pernapasan seperti corona sehingga ibu tetap diperbolehkan untuk menyusui.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Umum Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Nia Umar. Dia menjelaskan bahwa ASI nggak punya peran signifikan dalam penyebaran virus pernapasan lain.

"Maka ibu tetap dapat terus melanjutkan menyusui, sambil melakukan semua tindakan pencegahan yang diperlukan," ungkap Nia.

Namun Nia menyarankan agar ibu yang terdampak dan berada di wilayah berisiko serta menunjukkan gejala demam, batuk atau kesulitan bernapas agar segera mencari bantuan medis dan mengikuti petunjuk dan petugas kesehatan. 

Menggunakan masker saat berdekatan dengan anak. (i1.wp)
Menggunakan masker saat berdekatan dengan anak. (i1.wp)

Agar tak membahayakan bayi, ibu menyusui dianjurkan untuk melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan. Gunakanlah masker saat berada di dekat anak terutama selama menyusui. Jangan lupa pula untuk mencuci tangan sebelum dan setelah berkontak fisik dengan anak.

Nggak cuma dalam aktivitas menyusui, sebaiknya kamu juga selalu menjaga kebersihan saat berinteraksi dengan orang lain.

Tetap jaga kebersihan untuk mencegah penularan ya, Millens(Tem/IB24/E06)