Bolehkah Bercinta saat Menstruasi? Ehm, Kamu Butuh Kondom!

Bolehkah Bercinta saat Menstruasi? Ehm, Kamu Butuh Kondom!
Ilustrasi: Gunakan kondom untuk perempuan jika kamu harus bercinta saat menstruasi ya. (Cosmopolitan)

Secara medis dan agama, bercinta saat menstruasi nggak dianjurkan bahkan disarankan untuk menghindarinya. Meski bercinta saat datang bulan tampak 'aneh, nyatanya ada orang yang nggak bisa menahannya. Solusinya, pakailah pengaman a.k.a kondom

Inibaru.id – Sebenarnya, berhubungan seksual saat menstruasi sangat nggak dianjurkan. Namun, kalau memang sudah kepepet dan nggak bisa menahannya, kamu sebaiknya menggunakan kondom.

Berdasarkan survei Condom Use Research Team (CURT) di Kinsey Institute, sebanyak 21 persen perempuan yang haid atau menstruasi cenderung menggunakan kondom untuk berhubungan seksual. Sebanyak 74 persen perempuan mengaku memakai kondom adalah keputusan bersama. Penelitian ini mencakup 95.000 perempuan yang sedang menstruasi dari 200 negara.

Menurut Clue Science and Education Manager Anna Druet, menggunakan kondom selama menstruasi di kala berhubungan badan berfungsi untuk menghindari penularan infeksi menular seksual (IMS) serta kehamilan yang nggak terduga.

"Masalahnya adalah Anda rentan terhadap kehamilan dan IMS waktu bercinta saat sedang menstruasi. Inilah alasan perlu menggunakan kondom," papar Druet, menukil dari Bustle (21/5/2019).

Waktu Subur Sulit Diketahui

Tahukah kamu kalau waktu subur perempuan juga masih memungkinkan terjadi saat menstruasi? Artinya, ada risiko kehamilan meski bercinta sewaktu menstruasi. Buat kamu yang siklus haidnya nggak teratur, menghitung waktu subur adalah hal yang sulit. Jadinya, kamu tetap berpeluang hamil.

Kondom bisa melindungi pasangan dari penularan IMS. (parentsafrica)
Kondom bisa melindungi pasangan dari penularan IMS. (parentsafrica)

Menggunakan aplikasi penghitung kesuburan juga akan menyulitkan. "Waktu subur seseorang bisa saja terjadi saat menstruasi. Anda dapat memperkirakan kapan waktu subur menggunakan aplikasi pelacakan menstruasi. Tapi itu tidak juga efektif," Druet menekankan. "Ini akan jadi masalah jika kehamilan ini nggak direncanakan."

Faktanya, nggak sedikit pasangan yang berhubungan seksual hanya untuk bersenang-senang, bukannya untuk mendapatkan keturunan.

Sperma Dapat Bertahan Hidup

Kalau pun kamu nggak mengalami masa subur saat menstruasi, risiko hamil akan tetap ada. Sebagai informasi, sperma bisa hidup selama 3-5 hari di dalam rahim, lo. Jika kamu nggak melindungi diri dengan kondom saat menstruasi, kamu masih bisa hamil beberapa hari kemudian.

Risiko IMS Lebih Tinggi

Alasan lain kamu seharusnya memakai kondom adalah untuk meminimalisasi penularan Infeksi Menular Seksual (IMS). Ketika menstruasi, dinding vagina akan lebih rentan terluka karena produksi lubrikan yang nggak seperti keadaan normal.

Luka akibat gesekan penetrasi bisa saja terkena bakteri dari darah atau penyakit dari pasangan. Karena itu, kondom berperan penting. Namun, yang terbaik tetaplah menghindari bercinta saat kamu atau pasanganmu menstruasi karena ini bisa menyebabkan endometriosis dan emboli.

Endometriosis merupakan kembalinya darah menstruasi ke rahim (backflow) akibat penetrasi. Sementara, emboli adalah kondisi terjebaknya gumpalan udara atau darah pada aliran darah sehingga memungkinkan penyumbatan. Emboli terjadi karena kemungkinan pembuluh darah yang terbuka ketika menstruasi.

Meski nggak sampai menimbulkan efek kematian, bercinta saat menstruasi nggak baik ya. Kamu dan pasangan perlu “menginjak rem” untuk sesi bercinta yang lebih aman dan menyenangkan. (Lip6/IB21/E03)