Bokek dan Menganggur, Lelaki Ini Pulang Kampung Berenang Kalimantan-Jawa

Bokek dan Menganggur, Lelaki Ini Pulang Kampung Berenang Kalimantan-Jawa
Dedik berenang dengan pelampung demi pulang dari Balikpapan ke Malang. (Youtube/INews)

Empat bulan menganggur di Balikpapan, seorang lelaki nekat mengarungi Laut Jawa untuk pulang kampung ke Malang, Jawa Timur. Berenang dengan bantuan pelampung dari galon air, gimana nasibnya setelah mencoba berenang Kalimantan-Jawa? 

Inibaru.id – Seorang pemuda berusia 27 tahun bernama Dedik Purnomo nekat berenang dari Kalimantan ke Jawa untuk kembali ke kampung halamannya di Malang, Jawa Timur. Dedik yang semula bekerja di Balikpapan berencana mengarungi Laut Jawa bermodalkan galon air sebagai pelampung.

Warga Desa Kemantren, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, itu diselamatkan petugas kepolisian setelah berenang sejauh 300 meter dari Pelabuhan Chevron Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Sebelumnya, sejumlah warga melihat Dedik mengapung di Teluk Balikpapan. Warga yang nggak ingin dia tenggelam langsung meminta bantuan polisi. Aparat Polsek Pelabuhan Semayang pun melakukan evakuasi dengan speed boat. Dedik lalu dibawa di Kantor Polsek Pelabuhan Semayang.

Saat diperiksa inilah Dedik mengaku ingin pulang ke kampung halamannya di Malang. Dia sudah pasrah karena nggak punya uang dan pekerjaan setelah berbulan-bulan menganggur. Lantaran nggak bisa membeli tiket kapal untuk pulang, dia nekat berenang dengan bermodal pelampung galon air.

Dedik saat diselamatkan petugas usai mengapung tiga jam di lautan. (Headlinekaltim)
Dedik saat diselamatkan petugas usai mengapung tiga jam di lautan. (Headlinekaltim)

“Saya sudah empat bulan di Balikpapan nggak ada pekerjaan. Sebenarnya saya tinggal di Perumahan Rengganis, Balikpapan Selatan, milik kakak saya. Tapi saya ingin pulang,” ucap Dedik.

Kapolsek Pelabuhan Semayang AKP Retno Ariani menyebut korban sudah mengapung selama tiga jam di lautan. Khawatir mengalami masalah kesehatan karena lama terpapar air laut dan teriknya sinar matahari, kesehatan fisik dan mental Dedik pun langsung diperiksa.

“Dia sehat pas diperiksa. Saat diajak ngobrol juga nyambung," terang AKP Retno, Rabu (16/12/2020). "Namun, sepertinya yang bersangkutan stres karena ada masalah keluarga di sini, makanya nekat melakukan aksi tersebut.” 

Dedik kabarnya dikembalikan ke keluarganya di Balikpapan. Rencananya, polisi akan membantunya pulang ke Malang dengan membantu membelikan tiket kapal ke Pulau Jawa.

Meski terlihat masuk akal, berenang menyeberangi lautan nggak mudah untuk dilakukan, lo. Alih-alih sampai Jawa, bisa jadi dia malah terbawa arus atau tersesat di lautan. Jadi, jangan ditiru ya, Millens! (Oke/IB09/E03)