BMKG: Peringatan Dini Tsunami Wilayah Sulawesi Berakhir

BMKG: Peringatan Dini Tsunami Wilayah Sulawesi Berakhir
Peringatan dini tsunami di Donggala, Sulawesi Tengah berakhir. (Thestar.com.my)

BMKG menyatakan peringatan dini tsunami di Donggala berakhir. Peringatan dini tersebut dikeluarkan BMKG menyusul gempa berkekuatan 7,7 SR yang mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah.

Inibaru.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan peringatan dini tsunami untuk wilayah Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah sudah berakhir. Pernyataan itu disampaikan BMKG lewat akun Twitter resminya @infoBMKG pada Jumat (28/9/2018) pukul 17.36 WIB.

"Peringatan dini tsunami yang disebabkan oleh gempa magnitudo 7,7 tanggal 28 September 2018 17.02.45 WIB, dinyatakan telah berakhir," tulis BMKG.

Sebelum ini, BMKG diketahui mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk wilayah Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah sesaat setelah gempa mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah. Gempa berkekuatan 7,7 Skala Richter (SR) itu mengguncang Donggala pada Jumat (28/9) pukul 17.02 WIB. Gempa ini berpusat di 27 kilometer arah timur laut Donggala, Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 kilometer.

Selang satu jam setelah gempa tersebut, setidaknya ada empat gempa susulan. Gempa kedua terjadi pada pukul 17.14 berpusat di 58 kilometer timur laut Donggala dengan magnitudo 6,1 SR. Selanjutnya, gempa berkekuatan 5,9 SR mengguncang pada pukul 17.25 WIB berpusat di 12 kilometer arah tenggara palu, Sulawesi Tengah. Sembilan belas menit setelahnya gempa berkekuatan 5,5 SR mengguncang kembali di 13 kilometer arah tenggara Donggala, Sulawesi Tengah.

Semoga saudara-saudara di Sulawesi Tengah dan sekitarnya diberikan perlindungan ya, Millens. (IB03/E04)