Bisa Sampai 20 Jam! Berikut Daftar Negara dengan Durasi Puasa Terlama

Bisa Sampai 20 Jam! Berikut Daftar Negara dengan Durasi Puasa Terlama
Salah satu sekolah Islam di Seoul, Korea Selatan (esteem)

Di Indonesia, ibadah puasa biasanya berlangsung sejak subuh hingga matahari terbenam. Durasinya biasanya sekitar 13-14 jam. Ternyata, di negara-negara lain durasi puasanya bisa mencapai 20 jam, lo!  Di negara mana sajakah puasa harus dilakukan selama itu?

Inibaru.id –Banyak orang mengeluhkan durasi berpuasa di Indonesia yang cukup lama. Memang, selama kurang lebih 13 jam, kita nggak bisa makan dan minum. Hanya, ternyata durasi berpuasa ini masih termasuk wajar. Di negara-negara lain, ada warganya yang harus berpuasa hingga 20 jam, lo!

Lantas, di mana sih negara-negara yang membuat warga Muslim harus berpuasa hingga hampir sehari semalam? Kira-kira, mereka sanggup nggak ya menjalaninya?

1. Rusia

Puasa di Rusia. (picfair.com)
Puasa di Rusia. (picfair.com)

Penduduk Rusia harus melakukan sahur dan tarawih dalam waktu yang berdekatan. Isya dimulai pukul 23.51, lalu mereka sudah harus melakukan salat Subuh pada pukul 1.40. Hal ini berarti, warga Muslim di Rusia harus berpuasa sekitar 21 jam.

2. Greenland

Suhu ekstrim di Greenland menjadi tantangan tersendiri untuk puasa Ramadan. (Reuters Photo)
Suhu ekstrim di Greenland menjadi tantangan tersendiri untuk puasa Ramadan. (Reuters Photo)

Berbagai perjuangan harus dilalui umat Muslim di Greenland. Nggak hanya harus bertahan di suhu ekstrem dua derajat Celcius, umat muslim di Greenland juga berpuasa selama 19 jam 37 menit. Matahari memang bersinar jauh lebih lama saat musim panas di wilayah yang dekat dengan Kutub Utara tersebut.

3. Islandia

Muslim di Islandia (themwl)
Muslim di Islandia (themwl)

Hampir sama dengan Greenland, kondisi serupa juga dirasakan di Islandia. Warga Muslim di sana harus menahan lapar dan haus selama 19 jam 35 menit. Penyebabnya, lokasi Islandia yang sangat dekat dengan Kutub Utara sedang menjalani musim panas. Hanya, suhu udara di sana nggak sepanas di Indonesia, sih.

4. Alaska, Amerika Serikat

(adn.com)
(adn.com)

Wilayah Alaska yang dekat dengan Kutub Utara juga membuat durasi puasa di sini sangat lama. Saat ini, warga Muslim di Alaska harus berpuasa selama 19 jam 36 menit.

5. Swedia

Muslim di Swedia (unwatch)
Muslim di Swedia (unwatch)

Di negara kelahiran Zlatan Ibrahimovic ini, waktu berpuasa ternyata juga sangat lama, lo, Millens. Tepatnya selama 19 jam 13 menit. Hanya, mengingat Swedia masuk dalam sepuluh besar negara paling bahagia di dunia, warga Muslim di sana tentu akan menjalani puasa dengan suasana senang.

6. Jerman

Muslim di Jerman (vocaleurope/Julius M. Rogenhofer)
Muslim di Jerman (vocaleurope/Julius M. Rogenhofer)

Jumlah warga Muslim di Jerman cukup banyak. Hal ini disebabkan oleh banyaknya imigran dari Turki, Timur Tengah, dan Afrika Utara di sana. Hanya, mereka harus bersabar saat berpuasa di negara yang dipimpin oleh Kanselir Angela Merkel ini. Bagaimana tidak, durasi puasa di sana mencapai 18 jam 25 menit.

7. Denmark

Muslim di Denmark (time)
Muslim di Denmark (time)

Negara yang bertetangga langsung dengan Jerman ini juga memiliki durasi waktu puasa yang sangat lama, yakni selama 18 jam 9 menit. Bahkan meskipun kamu sudah tidur siang selama dua jam, sepertinya waktu Maghrib nggak bisa datang dengan cepat, ya Millens?

Kalau menurut kamu, warga Indonesia bakal kuat nggak berpuasa di negara-negara tersebut? (Idn/MG29/E07)