Bisa Bikin Resah! Waspada Berbagai Penyebab Rambut Rontok Ini

Bisa Bikin Resah! Waspada Berbagai Penyebab Rambut Rontok Ini
Ilustrasi rambut rontok dan rusak. (honestdocs)

Siapa sih yang bisa tenang jika rambut mengalami kerontokan rambut? Sayangnya, masalah ini bisa jadi disebabkan oleh berbagai hal yang sering kita alami atau lakukan, lo. Yuk simak berbagai penyebabnya agar bisa menghindarinya.

Inibaru.id – Sebenarnya, rambut rontok wajar dialami siapa saja. Hal ini termasuk dalam siklus alami rambut. Hanya, jumlah rambut yang rontok ini nggak begitu banyak sehingga seringkali nggak kamu sadari. Masalahnya adalah, terkadang rambut rontok ini bisa sangat parah sehingga menyebabkan masalah kebotakan. Jika sampai hal ini terjadi, tentu akan membuat resah, bukan?

Ilmuwan dan ahli tricologist Dominic Burg mengungkapkan jika ada banyak penyebab dan faktor yang memengaruhi terjadinya rambut rontok. Berikut adalah berbagai penyebab tersebut.

1. Perubahan Hormon

Perubahan hormon jadi sebab rambut rontok. (Shutterstock)
Perubahan hormon jadi sebab rambut rontok. (Shutterstock)

Siklus pertumbuhan rambut dapat dipengaruhi oleh perubahan keseimbangan hormon yang terjadi di dalam tubuh. Masalahnya, perubahan hormon juga bisa diakibatkan oleh konsumsi obat dan hal lain seperti efek samping menstruasi.

Beberapa hormon yang dapat memengaruhi masalah kerontokan diantaranya adalah hormon seks, hormon metabolik, dan lain-lain. Hanya, kerontokan dan penipisan rambut lebih erat kaitannya dengan kadar  kondisi tiroid.

2. Diet

Diet ekstrem bisa membuat rambutmu rontok. ( iStock)
Diet ekstrem bisa membuat rambutmu rontok. ( iStock)

Faktor berikutnya yang punya andil dalam menyebabkan masalah rambut rontok adalah diet. Banyak wanita yang mengalami rambut rontok akibat melakukan diet ekstrem demi menurunkan berat badan. Padahal, hal ini hanya akan membuat asupan nutrisi berkuran dan akhirnya mempengaruhi distribusi nutrisi ke rambut.

Pastikan untuk melakukan diet yang sehat demi mencegah hal ini. Asupan vitamin B dan vitamin E juga harus dipenuhi.

3. Disebabkan oleh Stres

Stres bisa membuat rambut rontok. (Cosmopolitan)
Stres bisa membuat rambut rontok. (Cosmopolitan)

Sudah menjadi rahasia umum jika stres bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Salah satu bagian tubuh yang akan terdampak adalah rambut yang mengalami kerontokan atau kebotakan.

Nggak hanya stres pikiran, stres fisik yang dipicu oleh diet ekstrem juga bisa menyebabkan dampak yang sama. Hal ini disebabkan oleh kadar hormon kortisol di dalam tubuh yang semakin meningkat dan akhirnya berimbas pada gangguan distribusi nutrisi ke rambut.

4. Dipengaruhi Faktor Genetik

Rambut rontok bisa disebabka oleh faktor genetik. (Brillio)
Rambut rontok bisa disebabka oleh faktor genetik. (Brillio)

Kalau ada anggota keluarga yang mengalami masalah kerontokan atau kebotakan, maka kamu pun juga akan lebih berisiko mengalaminya. Hanya, kerontokan karena faktor genetik nggak berlangsung dengan cepat, melainkan secara bertahap seiring dengan bertambahnya usia.

5. Rambut Rusak Akibat Efek Samping Styling

Styling rambut bisa saja berimbas pada kerontokan. (Lena Ivanova/Shutterstock)
Styling rambut bisa saja berimbas pada kerontokan. (Lena Ivanova/Shutterstock)

Mewarnai rambut, meluruskannya, mengeritingkannya, dan berbagai proses styling rambut lainnya memang bisa membuat penampilan rambutmu semakin cantik. Hanya, jika sering dilakukan, bisa menyebabkan kerusakan rambut. Dampaknya tentu akan menyebabkan kerontokan parah.

Bahan kimia atau panas yang didapatkan rambut dari proses styling inilah yang bisa menyebabkan kerusakan atau gangguan siklus pertumbuhan pada rambut.

Bagaimana Millens, sudah tahu kan berbagai penyebab rambut rontok? Sebaiknya kamu mulai waspada agar nggak sampai mengalaminya, ya? (Fim/MG29/E07)