Bisa Bikin Objek Foto Bergerak, Begini Cara Pakai Aplikasi MyHeritage

Bisa Bikin Objek Foto Bergerak, Begini Cara Pakai Aplikasi MyHeritage
Bagaimana cara menggunakn MyHeritage? (Popbela)

Foto mendiang keluarga atau orang terdekatmu kini bisa kembali ‘hidup’ dengan aplikasi MyHeritage. Lalu gimana cara memakainya?

Inibaru.id – Aplikasi MyHeritage tengah viral karena dapat mengubah foto menjadi gambar bergerak. Viralnya aplikasi ini lantaran unggahan para penggunanya di TikTok maupun Twitter yang menunjukkan sebuah foto lawas yang dapat bergerak.

Salah satunya adalah kun TikTok @single_happy84 yang dapat melihat kembali senyum ayahnya yang telah meninggal berkat aplikasi ini.

"Masya Allah jd bisa liat senyum ayah lagi, setelah 15 th berpulang," tulisnya.

Aplikasi yang diluncurkan pada 25 Februari lalu ini menggunakan teknologi yang disebut deep nostalgia. Teknologi ini dibuat menggunakan teknik kecerdasan buatan (AI) untuk membuat foto bisa tampak bergerak, tersenyum, dan berkedip.

Kebanyakan digunkan untuk menganimsikan foto lawas. (Myheritage)
Kebanyakan digunkan untuk menganimsikan foto lawas. (Myheritage)

Kebanyakan penggunanya memanfaatkan MyHeritage untuk mengedit dan menganimasikan almarhum keluarga dan orang terdekat mereka. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengedit foto yang memiliki gambar wajah seperti patung atau lukisan. Canggih!

Dalam pernyataannya, per 4 Maret 2021 lalu, MyHeritage telah digunakan untuk mengedit 10 juta wajah penggunanya. Meski begitu, pengembangnya mengakui bahwa aplikasinya tersebut mungkin menjadi kontroversial di tengah maraknya DeepFake yang digunakan untuk membuat animasi hiper-realistis.

Namun untuk tujuan bersenang-senang tanpa merugikan siapapun, animasi ini patut banget untuk dicoba lo. Nah untuk menggunakannya, kamu perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Unduh aplikasi MyHeritage di PlayStore Android.

2. Install aplikasi tersebut di HP dan buat akun jika kamu belum memiliki akun.

3. Setelah memiliki akun, pengguna cukup klik 'Photos'.

4.  Klik ikon '+' untuk menambahkan gambar.

5.  Klik 'Add photos' untuk memilih gambar yang sudah ada di dalam ponsel atau klik 'Scan photos &docs' untuk mengambil gambar foto secara langsung.

6. Setelah foto terunggah, kemudian klik ikon seperti gambar di bawah ini,

Klik ikon di tas untuk menganimasikan gambar. (Kompas)
Klik ikon di tas untuk menganimasikan gambar. (Kompas)

Voila…. Gambar bergerakmu sudah jadi! Kamu bisa menyimpannya ke perangkat atau langsung membagikannya ke sosial media milikmu. Tertarik mencobanya, Millens? (Kom/IB27/E05)