Bikin Udara Segar, 5 Tanaman Hias 'Indoor' Ini Bagai Air Purifier

Bikin Udara Segar, 5 Tanaman Hias 'Indoor' Ini Bagai Air Purifier
Spider plant jadi salah satu tanaman yang dapat menyerap udara kotor dan debu. (Old farmer's almanax)

Nggak hanya cantik, beberapa tanaman hias juga punya manfaat. Lima tanaman berikut ini dikenal dapat menghilangkan debu dan menyerap karbondioksida. Apa saja?

Inibaru.id - Tanaman hias berfungsi mempercantik ruangan dan juga memberikan kesan adem dan asri. Namun di samping itu, tanaman hias memiliki fungsi untuk menyaring udara kotor serta penghilang debu khususnya bagi beberapa jenis tanaman hias.

Meletakkan tanaman hias dengan fungsi ini dapat membuat udara bersih dan lingkungan segar. Nggak hanya tanaman luar ruangan, tamanan hias penyaring udara kotor ini juga ada yang bisa diletakkan di dalam ruangan lo.

Lalu apa saja kelima tanaman yang punya fungsi mirip air purifier ini?

5 Tanaman Penyaring Debu

1. Rubber Plant

Rubber plant bisa tumbuh meninggi. (Housemaking)
Rubber plant bisa tumbuh meninggi. (Housemaking)

Tanaman yang dikenal dengan tanaman karet ini dikenal dapat menghilangkan debu. Punya daun lebar dan dapt tumbuh tinggi, bukan nggak mungkin tanaman ini bisa diletakkan di dalam ruangan lo. Nggak cuma menghilangkan debu, rubber plant juga dapat menyerap karbondioksida dan mengurangi pencemaran udara. Keren ya?

2. English Ivy

English ivy meruppakan tanaman merambat. (Growwilduk)
English ivy meruppakan tanaman merambat. (Growwilduk)

Segala jenis English ivy diketahui dapat berfungsi sebagai penghilang debu dan menyaring udara kotor dalam ruangan. Selain itu tanaman bergerombol ini juga dapat menyerap formaldehida dan benzena. Bentuknya yang cantik cocok untuk diletakkan di dalam rumah, tapi jika mau, English ivy bisa kamu gantung supaya lebih cantik.

3. Dripping Guanyin

Cocok ditaruh di dalam rumah. (Pinterest)
Cocok ditaruh di dalam rumah. (Pinterest)

Tanaman hias penghilang debu yang juga dikenal dengan nama dripping lotus itu termasuk jenis bonsai. Tanaman yang tumbuh di tempat lembab ini juga berfungsi menghilangkan debu. Tapi hati-hati ya, meski daunnya mirip sirih, tapi dapat menimbulkan racun jika dikomsumsi.

4. Palem

Efektif menyaring debu. (Idntimes)
Efektif menyaring debu. (Idntimes)

Letakkan pohon palem di area ruang tamu untuk membuat udara lebih segar. Selain itu, tanaman ini juga dapat menyaring debu, benzena, dan virus lain. Kamu bisa meletakkan tanaman ini dekat furnitur kayu karena dapat menyaring formalin dan karbondioksida. Eits, palem juga dipercaya bawa hoki lo!

5. Spider Plant

Cocok ditaruh di dalam rumah. (Hgtv)
Cocok ditaruh di dalam rumah. (Hgtv)

Banaman dengan daun panjang menjuntai ini juga dapat menyerap benzena, karbondioksida, bahan kimia, hingga formaldehida. Kamu bisa meletakkan di dalam rumah karena spider plant nggak butuh terlalu banyak sinar matahari.

Dari kelimanya, mana yang jadi favoritmu, Millens? (Hai/IB27/E05)