Supaya Lebih Hidup, KPU Usul Format Baru untuk Debat Kedua Pilpres 2019

Supaya Lebih Hidup, KPU Usul Format Baru untuk Debat Kedua Pilpres 2019
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) berjalan bersama capres no urut 02 Prabowo Subianto sebelum mengikuti Debat Pertama Capres & Cawapres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). (Antara Foto/Setneg-Agus Suparto)

Debat kedua Pilpres 2019 segera digelar. Berbeda dengan debat sebelumnya, KPU mengusulkan satu segmen khusus bagi kedua paslon agar bisa saling tanya jawab.

Inibaru.id – Format debat perdana Pemilihan Presiden 2019 yang digelar Kamis (17/1/2019) lalu menuai sejumlah kritikan. Beberapa pihak menilai sistem debat tersebut kurang gereget. Menanggapi hal itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengusulkan format debat yang berbeda untuk debat kedua nanti.

Ketua KPU RI Arief Budiman berencana memberikan satu segmen khusus bagi kedua pasangan calon (paslon) untuk saling bertanya dan menanggapi tanpa durasi waktu. Dengan format ini, debat diprediksi bakal lebih "hidup".

"Nanti ada satu segmen debat yang waktunya diberikan secara glondongan. Durasi waktu total 10 menit misalkan, kami berikan utuh kepada moderator. Mereka bisa saling menjawab dan menanggapi, sepenuhnya kami tidak atur," kata Arief dalam rapat persiapan debat kedua pilpres di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, seperti ditulis Kompas.com, Jumat (25/1).

Kendati begitu, format tersebut masih berupa usulan. Hasil akhir format debat akan dibahas lebih lanjut bersama kedua tim sukses dalam rapat berikutnya.

Selain format debat yang berubah, KPU bersama tim kampanye juga akan mengubah tata panggungnya. Pada debat pertama, pendukung kedua paslon duduk di belakang podium paslon masing-masing. Di debat kedua nanti, seluruh pendukung rencananya akan ditempatkan menghadap panggung. Hal ini bertujuan supaya penonton lebih fokus ke peserta debat.

KPU juga menghadirkan inovasi lain yakni dengan menyiapkan kamera yang bakal mengikuti perjalanan peserta dari lokasi keberangkatan menuju tempat debat. Video dari kamera itu diharapkan memberikan gambaran kepada publik tentang perjalanan setiap kandidat.

Perlu diketahui, debat kedua Pilpres 2019 adalah debat antarcalon presiden. Jadi, peserta debat hanya capres nomor urut satu Joko Widodo dan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto. Namun, cawapres masing-masing juga boleh hadir dalam debat.

Berdasarkan rencana, debat ini bakal digelar pada 17 Februari mendatang di Hotel Sultan, Jakarta. Tema yang akan dibahan kedua calon presiden dalam debat tersebut yakni energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Nanti, debat akan disiarkan di empat stasiun televisi swasta yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan Inews TV.

Sobat Millens tertarik nggak sih nonton debat Pilpres 2019? (IB07/E04)