Selain Rumah di Atas Mal, Berikut Deretan Rumah Unik di Dunia

Selain Rumah di Atas Mal, Berikut Deretan Rumah Unik di Dunia
Rumah unik di dunia. (Zillow)

Beberapa waktu lalu viral perumahan di atas sebuah mal di Jakarta. Publik terheran-heran dengan konsep nggak biasa itu. Eits, selain rumah di atas mal, banyak juga lo rumah unik lainnya di dunia. Yuk, simak penjelasannya.

Inibaru.id – Semakin berkembangnya zaman, rumah nggak semata-mata difungsikan sebagai tempat berlindung. Rumah juga dipakai sebagai ajang berekspresi, salah satunya dengan membangun rumah berkonsep unik.

Nah, belakangan ini tersiar kabar perumahan di atas mal di Jakarta yang membuat publik geger. Eits, tapi selain rumah itu, ada sejumlah rumah berkonsep unik di dunia, lo. Hm, di mana saja ya?

Perumahan di Atas Mal (Indonesia)

Perumahan diatas mall Thamrin City, Jakarta. (Twitter/Shahrirbahar1)

Baru-baru ini, foto perumahan di atas pusat perbelanjaan di Jakarta viral di sosial media. Perumahan elite dengan beragam fasilitas ini berada di atas mal Thamrin City, Jakarta Pusat. Senior Associate Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto mengatakan fenomena perumahan dibangun di atas pusat perbelanjaan sebetulnya sudah ada sejak lama. Dia menegaskan keberadaan rumah di atas mal tersebut boleh dilakukan perusahaan pengembang sepanjang aspek legalitas pembangunannya nggak melanggar aturan.

Transparent House (Jepang)

Rumah Transparan, Jepang. (Boredpanda)

Rumah transparan ini terletak di Tokyo, Jepang. Rumah yang memiliki luas keseluruhan sekitar 85 m² ini dirancang seorang arsitektur asal Jepang bernama Sou Fujimoto. Desain tembus pandang ini dimaksudkan agar cahaya matahari mudah masuk dan sirkulasi udara di rumah selalu terjaga dengan baik.

Rumah unik ini memiliki rangka logam yang sangat kuat. Dari luar, kamu dapat melihat dengan jelas dekor di dalam rumah. Masalah privasi jangan khawatir, ada beberapa bagian yang dipasangi tirai dan gorden, kok.

Skateboard House (Amerika Serikat)

Rumah Skateboard. (Skateboard House)

Bagi para pencinta skateboard, rumah ini mungkin jadi idaman mereka. Rumah ini didesain khusus untuk pencinta skateboard dengan desain setradisional mungkin. Rumah skateboard ini merupakan proyek kediaman pribadi yang berada di Malibu, California, Amerika Serikat.

Di rumah ini, kamu bisa bermain skate di area manapun. Penggagas rumah ini merupakan mantan pemenang dunia dan pemain profesional Skateboard sekaligus founder of Etnis yaitu Pierre Andre Senizergues (PAS).

World’s Slimmest House (Polandia)

Rumah Ter-slim di dunia. (flashcomindonesia)

Rumah teramping yang dirancang khusus Jakub Szczesny ini merupakan bangunan yang terjepit di antara dua bangunan besar. Rumah ini hanya memiliki lebar dari 92 hingga 152 sentimeter atau setara dengan 5 kaki. Kendati demikian, fasilitas di rumah tersebut seperti pada rumah umum lainnya yaitu terdapat kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan sebagainya.

Old Water Tower Turned Into Modern Home (Belgia)

menara air tua yang dijadikan rumah modern. (Kristen Dirksen)

Rumah unik ini awalnya merupakan menara air tua yang dijadikan tempat persembunyian selama perang. Namun seiring berjalannya waktu, rumah ini diubah menjadi rumah modern. Rumah yang didesain Bham di Belgia ini memiliki ketinggian 100 kaki di atas permukaan air, lo.

Dick Clark’s Flintstones Inspired Home (Amerika Serikat)

Dick Klark House. (homescorner)

Penyiar radio Dick Clark menjual salah satu rumah di Malibu dengan harga 3,5 miliar dolar. Struktur dan interior rumah ini mirip seperti rumah Fred dan Wilma di kartun Flintstones yang rilis pada 1960-an. Rumah ini memiliki fasilitas satu kamar tidur dan dua kamar mandi, sebuah perapian/tungku, dan beberapa jendela yang bisa langsung melihat ke lampu kota dan menikmati tenggelamnya matahari sebagus di lembah Serrano.

World’s Smallest 1sq Meter House (Germany)

Rumah terkecil di dunia. (Musikompott)

Rumah terkecil di dunia dengan luas 1 meter persegi ini berada di Jerman. Rumah unik yang di desain Van Bo Le-Mentzel itu hanya memiliki satu mesin portabel.

Slide House (Japan)

The slide house, Jepang. (Boredpanda)

Japanese Studio Level Architects mendesain rumah keluarga yang nggak biasa. Rumah ini memiliki tiga lantai yang menggunakan tempat meluncur. Rumah menyenangkan ini dipenuhi dengan tangga rumah dan sebuah koridor pada satu sisi, dan tempat meluncur di sisi lainnya,yang melingkari pusat rumah. Rumah unik ini berada di Meguro, Tokyo, Japan.

Bagaimana Millens, apakah kamu tertarik untuk membuat salah satu rumah unik di atas? Ha-ha. (IB24/E04)