Bikin Heran, 110 Ikan Hiu Mati Mendadak di Penangkaran Karimunjawa

Ratusan ikan hiu dilaporkan mati mendadak di sebuah penangkaran ikan di Karimunjawa. Belum diketahui secara pasti penyebabnya tapi ada kemungkinan matinya ratusan hiu tersebut disebabkan oknum jahat.

Bikin Heran, 110 Ikan Hiu Mati Mendadak di Penangkaran Karimunjawa
Ilustrasi ikan hiu mati. (Callbowo.wordpress)

Inibaru.id – Sebanyak 110 ekor hiu dan puluhan ikan jenis lainnya dilaporkan mati mendadak di sebuah penangkaran ikan di Pulau Menjangan Besar, Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah. Pemilik penangkaran Cun Ming (81) menjelaskan ratusan hiu dan puluhan ikan ditemukan mati oleh penjaga kolam pada Kamis (7/3/2019) sekitar pukul 04.00 WIB.

Selain hiu, sejumlah 20 ekor ikan kambing lebar dan 10 ekor ikan tyger mati di dalam kolam.

“Kejadiannya pas hari besar (tanggal merah). Dua kolam yang isinya hiu indukan, semua yang ada di kolam itu mati,” kata Cun Ming, seperti ditulis Kompas.com, Selasa (19/3).

Merasa janggal, Cun Ming akhirnya membawa kasus ini ke jalur hukum dengan melapor ke Polda Jawa Tengah pada 10 Maret 2019 untuk ditindaklanjuti. Selain itu, dia juga membawa sampel air di kolam serta bangkai ikan yang mati ke laboratorium ikan untuk mencari tahu penyebab kematian ikan-ikannya.

"Saya sudah melaporkan kejadian ini ke Polda Jateng. Untuk tes laboratorium juga kami lakukan Wates, Yogyakarta. Katanya butuh waktu 21 hari untuk tahu hasilnya," tandasnya.

Namun, kata Cun Ming, Kepala laboratorium mengatakan nggak mungkin ada ikan sebesar hiu mati mendadak, apalagi jumlahnya mencapai ratusan. Bisa jadi, ada oknum jahat yang nggak senang dengan penangkaran ikan miliknya.

Dalam keterangannya, Cun Ming juga mengatakan penangkaran itu telah dia dirikan sejak tahun 1960-an dengan nama Hiu Kencana. Jenis hiu yang ditangkar juga bukan termasuk yang dilindungi, yakni hiu karang hitam (carcharinus melanopterus) dan hiu karang putih (treaenodon obesus). Sementara kejadian matinya ikan hiu secara mendadak dalam jumlah ratusan baru sekali ini terjadi.

Hiu yang dia tangkar juga jinak sehingga sangat bersahabat dengan manusia. Hiu jinaknya juga mengundang sejumlah wisatawan dan peneliti dari perguruan tinggi baik dari dalam dan luar negeri.

Duh, sayang banget ya harus mati sebanyak itu. Semoga cepat terjawab penyebab kematiannya dan segera ditemukan solusinya ya, Millens. (IB07/E04)