Bikin Capek Nunggu, Lampu Merah Mana yang Paling Lama di Indonesia?

Bikin Capek Nunggu, Lampu Merah Mana yang Paling Lama di Indonesia?
Ilustrasi - Lampu merah terlama di Indonesia. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Pernah nggak kamu terjebak di lampu merah yang sangat lama. Pasti bikin sebal ya? Tapi, di mana sih lampu merah dengan durasi paling lama di Indonesia?

Inibaru.id – Tanpa adanya lampu merah di persimpangan jalan, lalu lintas pasti bakal jadi semrawut. Bisa jadi, akan banyak terjadi kecelakaan. Sayangnya, meski sangat bermanfaat, banyak orang yang sebal kalau sampai harus berhenti gara-gara lampu menyala merah. Apalagi kalau mereka sedang diburu waktu.

Biasanya, lampu merah hanya berlangsung kurang dari satu menit. Meski begitu, ada lo sejumlah lampu merah yang memiliki waktu berhenti lama. Kamu tahu nggak di mana lampu merah paling lama di Indonesia?

Baru-baru ini, akun Instagaram @lovesuroboyo mengungkap lampu merah paling lama yang bisa bikin para pengendara capek menunggu. Lampu merah ini ada di Jalan Ahmad Yani, Margorejo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Tebak seberapa lama lampu merah ini menyala? Yap, 300 detik alias 5 menit!

Kalau sambil jalan sih, 5 menit bakal nggak kerasa, ya Millens. Tapi, kalau kamu berhenti di lampu merah, pasti akan terasa sangat lama dan bikin males. Banyak pengandara yang memilih mematikan mesinnya demi menghemat bahan bakar di lampu merah ini. Ada yang memainkan ponsel atau bahkan tiduran di atas kemudi sambil menunggu lampu menyala hijau.

Di sejumlah kota di Indonesia, lampu merah bisa menyala lebih dari 3 menit! (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Di sejumlah kota di Indonesia, lampu merah bisa menyala lebih dari 3 menit! (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Masalahnya adalah, kalau kamu terjebak di lampu merah ini saat cuaca sedang panas menyengat, dijamin deh keringat kamu akan bercucuran dan pakaiannya jadi basah. Baunya pasti bakal jadi nggak karuan deh.

Lampu merah legendaris lainnya yang dikenal sangat lama adalah di Perempatan Pingit yang ada di Kota Yogyakarta. Di sini, lampu merah bisa berlangsung selama 3,5 menit. Lampu merah di persimpangan Soekarno Hatta – Kiaracondong, Bandung bahkan disebut-sebut menyala antara 4 sampai 5 menit.

Mengapa ada lampu merah yang selama itu? Ternyata, hal ini disebabkan oleh sistem yang telah dibangun secara otomatis untuk menyesuaikan dengan volume kendaraan atau kepadatan di persimpangan tersebut. Jadi, kalau kamu lewat sana, bisa dipastikan daerah tersebut memang sering ramai dan dipenuhi kendaraan.

Kalau kamu, bakal rela menunggu lampu merah yang lama atau memilih untuk mencari jalan alternatif lainnya saja, nih Millens? (Hip/IB09/E05)