Bikin Badan Sehat, Ini Daftar Jamu Favorit Orang Indonesia

Bikin Badan Sehat, Ini Daftar Jamu Favorit Orang Indonesia
Ada sejumlah jamu yang jadi favorit orang Indonesia. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Dikenal turun-temurun bisa bikin badan makin sehat, apa saja sih daftar jamu favorit orang Indonesia? Berikut adalah daftar-daftarnya.

Inibaru.id - Selama pandemi Covid-19, ramuan herbal atau jamu naik daun. Banyak orang percaya jika jamu bisa membuat sistem imun semakin kuat sehingga risiko tertular penyakit pun bisa ditekan. Hanya, kamu tahu nggak kira-kira apa ya jamu favorit orang Indonesia? 

Nggak hanya orang biasa, Presiden Joko Widodo bahkan berkali-kali mengungkap khasiat dari ramuan tradisional ini. Dia mengaku suka meminum ramuan jamu yang terdiri atas temulawak, jahe, dan kunyit. Rempah-rempah tersebut dipotong-potong, lalu diseduh air panas, disaring, dan kemudian diminum. Kata Jokowi, ramuan itu kunci kebugarannya karena sudah secara rutin diminum selama 18 tahun.

Nah, berikut adalah daftar jamu tradisional yang paling populer di Indonesia. Kira-kira, jamu yang paling kamu sukai masuk nggak, ya?

1. Empon-empon

Rempah-rempah jamu khas Indonesia. (Pixnio)<br>
Rempah-rempah jamu khas Indonesia. (Pixnio)

Empon-empon terdiri atas beberapa bahan, bukan hanya satu. Bahan-bahan tersebut adalah kurkumin, jahe, kunyit, kencur, temulawak, dan rempah-rempah lainnya. Minuman ini bisa bikin tubuh semakin sehat dan sistem imun semakin kuat..

2. Jahe Kencur Jeruk

Jamu tradisonal dikalim bisa menangkal berbagai virus ke tubuh. (WikipediaCommons)<br>
Jamu tradisonal dikalim bisa menangkal berbagai virus ke tubuh. (WikipediaCommons)

Sensasi minum ramuan jamu ini sangat mantap. Panasnya jahe dan asamnya jeruk nipis bisa mengurangi sakit tenggorokan. Kalau diminum di musim hujan, ramuan ini cocok banget buat menghangatkan badan.

3. Beras Kencur

Ilustrasi jamu beras kencur. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Ilustrasi jamu beras kencur. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kalau tipe jamu yang satu ini nggak pernah absen di penjual jamu. Bahan bakunya terdiri atas beras, kencur, jahe, asam kawak, biji kedawung, garam, dan gula merah. Khasiatnya bisa meningkatkan nafsu makan hingga meredakan diare.

4. Kunyit Asam

Jamu kunyit asam. (Twitter/Nasha_Nadzirah)
Jamu kunyit asam. (Twitter/Nasha_Nadzirah)

Kunyit asam juga dikenal dengan nama lain kunir asem. Khasiatnya bisa mengurangi nyeri haid, menghilangkan bau nggak enak, perut kembung, dan meremajakan kulit.

5. Pahitan

Jamu pahitan. (instagram.com/angry_bud)
Jamu pahitan. (instagram.com/angry_bud)

Biasanya, di deretan jamu-jamu tradisional, pahitan dikenal dengan sambiloto dan brotowali. Seperti namanya, jamu ini punya rasa pahit yang kuat. Meski demikian, jamu yang identik dengan warna hitam ini dipercaya bisa mengobati berbagai masalah kesehatan, meningkatkan stamina, serta menghilangkan pegal-pegal.

6. Ramuan Alang-alang

Ramuan alang. (Sinjaiterkini)
Ramuan alang. (Sinjaiterkini)

Ramuan alang-alang ini berasal dari akar-akaran tanaman tersebut. Kalau rutin meminumnya, bisa melancarkan buang air kecil dan membantu meredakan gejala panas dalam.

Dari daftar jamu favorit orang Indonesia di atas, yang mana yang paling kamu suka, Millens? (Kom/IB28/E07)