Biar Ponsel Nggak Rusak, Atasi Overheat dengan Cara Ini

Biar Ponsel Nggak Rusak, Atasi <em>Overheat</em> dengan Cara Ini
Tips atasi ponsel overheat. (GettyImages)

Sejumlah ponsel keluaran baru ataupun lama terkadang mengalami overheat bila beban kerjanya tinggi. Biar kondisi ini nggak mempercepat usia ponselmu,lakukan beberapa cara ini, ya!

Inibaru.id Millens, pernah nggak sih ponselmu tiba-tiba terasa sangat panas? Bila kondisi tersebut berlangsung lama, itu berarti ponselmu sedang mengalami overheat. Kondisi ini dapat merusak dan memperpendek usia ponsel, lo.

Ada beberapa faktor penyebab overheat, seperti penggunaan ponsel berlebih, baterai yang berkualitas buruk, menggunakan pelindung ponsel yang terlalu tebal, dan hal lainnya. Meskipun ini menjadi hal yang wajar, namun jika terjadi terus-menerus ponselmu bisa rusak bahkan meledak.

Install Aplikasi Seperlunya

Meskipun saat ini banyak ponsel yang dibekali RAM yang tinggi, terkadang seseorang masih saja kekurangan kapasitas RAM saking banyaknya aplikasi yang dipasang di ponselnya. Memasang aplikasi terlalu banyak di ponsel akan membuat ponselmu cepat panas. Selain cepat panas, penggunaan aplikasi yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan ponsel sering hang lo, Millens.

Charge Ponsel Secukupnya

Kebiasaan membiarkan baterai terhubung dengan charger secara terus menerus dapat membuat baterai ponsel cepat panas, lo. Jadi, kalau baterai ponselmu sudah terisi penuh, segera hentikan proses charging, ya!

Lepas Cover Pelindung

Cover pelindung yang terlalu tebal memang bagus untuk melindungi ponsel dari goresan. Namun, cover pelindung tebal tersebut dapat menutup udara masuk sehingga ponsel menjadi cepat panas.

Jangan Terlalu Sering Menonton Youtube

Menonton atau streaming Youtube terlalu lama dapat mempercepat naiknya termperatur ponsel, lo. Hal ini disebabkan karena proses streaming video membutuhkan data yang besar serta penggunaan RAM yang tinggi.

Matikan Ponsel

Mematikan ponsel merupakan senjata bagi ponsel yang mengalami overheat. Mematikan ponsel jelas akan menghentikan seluruh proses yang terjadi saat ponsel menyala. Hal tersebut akan dengan cepat menurunkan temperatur ponsel. Terlebih, mematikan ponsel dapat ‘mengembalikan’ kecepatan proses aplikasi seperti semula.

Nah, sekarang sudah tahu tips mencegah baterai ponsel overheat ya, Millens. So, jangan lupa untuk menerapkan tindakan pencegahan tersebut selagi ponselmu masih normal dan aktif. (IB24/E04)