Biar Nggak Terus Merasa Insecure, Terapkan 4 Tips Ini!

Biar Nggak Terus Merasa Insecure, Terapkan 4 Tips Ini!
Ilustrasi: Setiap orang memiliki tingkatan insecure yang nggak sama. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Ada kalanya seseorang merasa minder karena nggak bisa melakukan sesuatu atau nggak memiliki sesuatu. Tapi, biar rasa insecure ini nggak terus-menerus mengganggu, simak dulu tips berikut!

Inibaru.id - Normal sih jika seseorang terkadang merasa nggak bisa melakukan satu hal dengan baik. Tapi, rasa insecure pada diri sendiri bisa memengaruhi kesehatan fisik, emosional, kemampuanmu melakukan pekerjaan sehari-hari.

Rasa insecure juga dapat membahayakan hubunganmu dengan pasangan karena kamu rentan mengalami kecemasan dan kecemburuan.

Nah, ada tips keren untuk membangun rasa percaya diri di dalam dirimu. Beberapa cara mungkin nggak serta-merta membuatmu percaya diri seketika. Namun, kiat-kiat tersebut akan membantumu mengikis rasa insecure. Hm, apa saja?

Buang Pikiran Negatif

Jangan memelihara pikiran negatif. (Freepik)
Jangan memelihara pikiran negatif. (Freepik)

Kamu mungkin pernah melakukan kesalahan dan terus menyalahkan dirimu. Tapi hal itu nggak akan membuatmu menjadi lebih baik. Kamu hanya akan terjebak dalam siklus negatif dan membenci diri sendiri.

Alangkah baiknya jika kamu bisa maafkan dirimu sendiri dan pahamilan bahwa kejadian ini akan membuatmu tumbuh lebih baik. Sebut semua itu sebagai pengalaman dan kembali fokus pada hal positif dalam hidupmu.

Habiskan Waktu Bersama Orang yang Mencintaimu

Menghabiskan waktu bersama orang-orang yang mencintaimu akan membawa dampak positif soal citra dirimu. (freepik)
Menghabiskan waktu bersama orang-orang yang mencintaimu akan membawa dampak positif soal citra dirimu. (freepik)

Menghabiskan waktu bersama orang-orang yang mencintaimu akan lebih berharga ketimbang larut dalam rasa insecure. Justru, orang-orang ini akan membuatmu sadar bahwa mereka ada untukmu dan menerimamu apa adanya.

Susunlah agenda untuk berkumpul bersama dengan mereka. Dengan begitu, kamu akan mulai melihat dan menerima perspektif unik dalam dirimu.

Renungkan Tentang Kebaikan

Bangga pada pencapaian itu penting. (freepik)
Bangga pada pencapaian itu penting. (freepik)

Bangga atas pencapaian positif sangat layak kamu rayakan. Bicaralah pada diri sendiri ketika meraihnya. Awalnya mungkin aneh berbicara pada diri sendiri. Tapi, hal ini aka menguatkan rasa percaya dirimu.

Rekam semua pujian orang lain untukmu dalam ingatan dan putar kembali ketika insecure datang.

Fokus pada Langkah Kecil

Tulis kebaikan dirimu dan hargailah. (freepik)
Tulis kebaikan dirimu dan hargailah. (freepik)

Mengatasi rasa insecure nggak bisa beres dalam sehari. Selama proses ini berlangsung, cobalah berbuat baik pada dirimu sendiri. Jangan dulu berkecil hati kalau keadaan nggak membaik dengan cepat. Setiap hal kecil yang kamu lakukan pada diri sendiri akan terbawa hingga di kemudian hari.

Sebenarnya rasa insecure dialami semua orang. Hanya, levelnya dan jenisnya yang berbeda-beda. Jadi, jangan merasa jadi orang yang paling menderita di dunia ya.

Yuk, kurangi level insecure-mu dengan tips di atas, Millens! (Fim/IB21/E03)