Biar Nggak Mudah Basi, Periksa Ini Saat Memilih Ikan Segar

Biar Nggak Mudah Basi, Periksa Ini Saat Memilih Ikan Segar
Ilustrasi ikan segar. (Flickr/ Victoria Reay)

Ikan merupakan sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, apabila kamu mengonsumsi ikan yang nggak segar, tentu nggak bisa mendapatkan nutrisinya dengan maksimal. Berikut adalah beberapa tips memilih daging ikan yang segar dan berkualitas. Simak baik-baik, ya!

Inibaru.id - Daging ikan memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan gizi yang ada di ikan pun sangat beragam, mulai dari protein, vitamin, mineral, kalsium, dan lemak baik yang bisa mendukung berbagai fungsi organ tubuh.

Hanya, berbagai nutrisi tersebut baru bisa didapatkan jika kamu mengonsumsi ikan yang masih segar. Kalau ikan yang kamu olah sudah tidak berkualitas, bukannya membuat badan sehat, bisa jadi akan membuatmu keracunan. Oleh karena itulah kamu harus cermat dalam mengecek daging ikan sebelum membelinya.

Berikut adalah beberapa hal yang wajib kamu perhatikan saat memilih daging ikan.

Sisik Ikan

Ilustrasi sisik ikan. (Detikfood)
Ilustrasi sisik ikan. (Detikfood)

Beberapa jenis ikan memiliki warna yang berbeda-beda, mulai dari putih terang, kuning keemasan, atau berwarna gelap. Pastikan bahwa warna sisik ikan ini masih terlihat segar, mengkilap, dan nggak kusam. Sisik juga masih menempel dengan kuat pada badan ikan sehingga nggak mudah ditarik.

Selain itu, kamu juga harus benar-benar seksama mengecek kondisi matanya. Mata ikan berkualitas biasanya masih terlihat segar, bukannya kusam atau keruh.

Daging Ikan

Ilustrasi. (Shutterstock)
Ilustrasi. (Shutterstock)

Ikan segar biasanya memiliki tekstur yang lembut namun cukup kenyal dan kencang. Seluruh daging pada ikan segar pun tampak menempel kuat pada tulang. Untuk mengecek kesegaran ikan, cobalah menekan bagian perut ikan menggunakan jari telunjukmu.

Apabila bentuknya kembali seperti semula, berarti daging ikan masih segar. Namun, jika bentuknya nggak mudah kembali seperti semula, maka ikan tersebut nggak layak dikonsumsi.

Insang Ikan

Ilustrasi. (Pixabay)
Ilustrasi. (Pixabay)

Insang ikan bisa menjadi ciri-ciri kesegaran ikan. Caranya mudah, cukup angkat penutup insang yang terletak di sisi kepala ikan. Bila insang ikan berwarna merah tampak segar dan bersih serta teksturnya basah, maka ikan tersebut layak untuk kamu konsumsi. Namun jika insang ikan berwarna kecoklatan, kusam, serta tampak kering, menandakan bahwa ikan tersebut nggak layak dikonsumsi.

Bau

Ilustrasi. (GettyImages)
Ilustrasi. (GettyImages)

Mengecek kesegaran ikan ternyata bisa hanya dengan mencium baunya lo, Millens. Biasanya ikan segar memiliki aroma yang khas yakni segar dan ringan. Sedangkan bau ikan yang nggak segar biasanya cukup mengganggu karena menyengat dan amis.

Nggak ada salahnya kok, saat kamu berada di pasar untuk menanyakan kepada penjual untuk meyakini apakah ikan yang akan kamu beli masih dalam kondisi segar atau enggak.

Setelah membeli ikan, kamu bisa langsung mengolahnya maksimal dua hari setelah pembelian ya, Millens. Kalau mau mengolah lebih dari dua hari setelah pembelian, simpan di freezer agar kondisinya tetap segar. Selamat memasak! (Tem/IB24/E07)