Biar Nggak Minder, Cara Sederhana untuk Bangun Relasi buat si Pemalu
Banyak berkumpul dengan orang asing bisa menyembuhkan rasa mindermu. (Unsplash/Ethan Huan Hu)

Biar Nggak Minder, Cara Sederhana untuk Bangun Relasi buat si Pemalu

Sikap nggak mudah bergaul bakal menyulitkanmu untuk mendapatkan relasi. Sebab itu kamu harus mengubah diri agar nggak selalu minder.

Inibaru.id – Seorang pemalu cenderung sulit untuk bergaul, sehingga sedikit pertemanan yang dimiliki. Jika kamu merasa kesulitan menapaki karir lantaran sifat ini nggak perlu kuatir. Hal-hal berikut barangkali bisa membantu menyelesaikan masalahmu.

1. Rajut Keharmonisan dengan Orang-orang di Masa Lalu

Saat kamu mencari langkah awal untuk membangun relasi, kamu bisa mulai dengan menghubungi orang-orang di masa lalu. Mungkin kamu bisa berhubungan kembali dengan mantan bosmu, mentormu, hingga dosenmu. Karena hal ini akan memberikanmu banyak manfaat.

Mereka yang berada di tempat berbeda dalam karir tentu menyediakan peluang yang bisa kamu dapatkan. Nggak harus selalu face to face, kamu bisa terhubung via surat elektronik, WhatsApp, atau beberapa jejaring sosial lainnya.

2. Mulai Ikut Komunitas Hobimu

Sesuatu yang membuatmu kembali semangat tentu adalah hobi. Dengan bergabung bersama komunitas dari hobimu, tentu relasi pertemananmu akan lebih luas. Kamu akan menemukan banyak orang dari beberapa sudut pandang, sehingga akan memperluas pengalaman, pengetahuan, hingga peluang.

Karena telah menjadi hobimu, tentu mengenal orang-orang dalam komunitas nggak bakal sulit.

3. Aktif di Kegiatan Sosial

Kamu bisa memulai dengan mengikuti kegiatan sosial yang memiliki dampak positif. Dalam kegiatan sosial tentu kamu bakal berbaur dengan orang-orang dari beberapa etnis dan kalangan. Jika kamu mau membuka diri, kesempatan besar untukmu memperluas relasi pertemanan. Bahkan pertemananmu akan lebih sehat dan kamu pun mendapatkan banyak ilmu.

4. Rajin Ikut Seminar Kreatif

Seminar kreatif merupakan salah satu kegiatan yang seharusnya didatangi. Karena selain mendapatkan ilmu, kamu pun akan mendapatkan banyak teman serta menulari energi positif. Semangat baru dan pandangan baru bakal membuka peluang buat kamu yang sedikit tertutup.

5. Menjalin Erat Hubungan dengan Keluarga Besar

Karena terlalu sibuk dengan urursanmu kadang kamu melupakan keluarga besarmu. Nah, mulai sekarang kamu perlu peduli dengan lingkungan sekitar keluarga besarmu. Siapa tau mereka yang memiliki garis kekerabatan denganmu akan membukakan peluang baik.

Nah, beberapa cara itu bisa kamu gunakan untuk mengembangkan relasimu. Karena kodrat manusia nggak bisa hidup sendirian, entah dalam kehidupan, karir, maupun percintaan. Jangan minder lagi ya! (IB30/E05)