Biar Nggak Merusak Lingkungan, Ini Cara Membuang Minyak Jelantah Paling Aman

Biar Nggak Merusak Lingkungan, Ini Cara Membuang Minyak Jelantah Paling Aman
Jangan buang minyak jelantah begitu saja. (Cuteabis via Hipwee)

Di beberapa tempat, mungkin ada pusat penampungan minyak jelantah untuk kemudian diolah menjadi produk yang bermanfaat. Tapi kalau di tempatmu nggak secanggih itu, kamu bisa kok tetap menyingkirkan minyak jelantah dengan aman tanpa mencemari lingkungan.

Inibaru.id – Selama ini keberadaan minyak jelantah memang kerap bikin bingung. Nggak dibuang terus buat apa? Dibuang begitu saja takut merusak lingkungan. Membuang minyak jelantah memang nggak bisa asal. Pasalnya, minyak bekas menggoreng ini dapat mencemari lingkungan.

Minyak jelantah yang dibuang di saluran air dapat mengendap dan menyumbat pipa air. Pasalnya, minyak dapat membeku sehingga menghalangi laju air. Sementara kalau asal dibuang ke tanah, pertumbuhan tanaman bisa terganggu. Tanah juga jadi nggak subur lagi.

Nah, buat kamu yang sering kebingungan cara membuang minyak jelantah yang paling aman, ada baiknya membaca tips berikut ini:

Buang dalam Wadah Tertutup

Pastikan kamu menutup rapat botol sebelum membuangnya. (Shutterstock via Kompas)
Pastikan kamu menutup rapat botol sebelum membuangnya. (Shutterstock via Kompas)

Kalau kamu mempunyai wadah tertutup rapat seperti plastik ziplock atau botol plastik, kamu bisa memasukkan jelantah ke dalamnya. Selanjutnya, tinggal menutupnya dengan rapat dan membuangnya ke tempat sampah.

Minyak bekas tersebut akan lebih aman jika ikut terangkut ke tempat pembuangan sampah karena memang di sanalah tempatnya limbah dikumpulkan, diolah, atau didaur ulang. Dengan begitu, minyak sisa nggak akan mengotori lingkungan.

Bekukan Minyak

Cara membuang minyak jelantah paling aman berikutnya adalah dengan membekukannya terlebih dahulu. Kalau kamu nggak punya wadah bertutup rapat, cara ini layak dicoba.

Caranya gampang kok. Cukup diamkan minyak jelantah sampai berada pada suhu ruang, kemudian masukkan ke dalam wadah atau plastik ke dalam freezer. Setelah beku, buanglah ke tempat sampah.

Membuangnya bersama Limbah Rumah yang Lain

Berikutnya, kamu bisa membuang sisa minyak jelantah bersama dengan limbah rumah yang lain. Kamu bisa mencampurnya dengan terigu yang nggak terpakai atau pasir kucing. Kalau seperti itu, cairan jelantah nggak akan mengotori yang tempat sampah.

Jadi, sebaiknya simpan dulu jelantah dalam wadah khusus dan tunggu hingga kamu harus membuang pasir kucing atau limbah rumah lainnya. Tuang minyak ke pasir atau terigu dan buang.

Pasir atau terigu bakal menggumpal karena menyerap minyak, sehingga minyak nggak akan meleleh ke mana-mana. Eits, jangan lupa kemas dengan plastik atau wadah tertutup ya.

Nah, itu dia tiga cara membuang minyak jelantah paling aman supaya nggak mengotori lingkungan. Yang penting, jangan sampai kamu membuang minyak jelantah begitu saja ke tempat sampah ya, karena cuma bakal mengundang tikus. Jangan juga membuang bekas minyak ke got saluran air.

Jadi, gimana Millens, mau pilih cara yang mana nih? (Kom/IB21/E07)