Biar Nggak Keliru, Yuk Ketahui Istilah-istilah Makanan dengan Daging Babi Ini 

Biar Nggak Keliru, Yuk Ketahui Istilah-istilah Makanan dengan Daging Babi Ini 
Ada banyak istilah makanan yang mengandung daging babi. (Flickr/ Tony Alter)

Terkadang, kita keliru memesan makanan yang ternyata mengandung daging babi. Nah, biar hal ini nggak terjadi, ketahui dulu deh istilah-istilah makanan yang memakai daging ini.

Inibaru.id – Belakangan ini warganet dihebohkan dengan unggahan akun Twitter @fkadrun yang mengaku nggak sengaja makan daging babi. Padahal, sang pemilik akun adalah seorang muslim yang seharusnya nggak mengonsumsinya. Nah, sepertinya, dia nggak mengerti tentang istilah-istilah makanan dari daging babi, Millens.

Sang pemilik akun mengaku makanan ini dia pesan dari aplikasi ojek daring. Dalam unggahan tersebut, dia menyadari bahwa yang dimakan adalah babi setelah habis setengah porsi. Nah, makanan tersebut adalah nasi campur.

Menariknya, banyak warganet yang berkomentar kalau nasi campur memang biasanya memakai daging babi.

Nah, biar kamu juga nggak ikut-ikutan keliru saat memesan makanan, sebaiknya ketahui dulu, yuk istilah-istilah makanan dengan daging babi. Yuk, simak!

1. Ham

Istilah daging ham ini pasti sering kamu dengar. Meski sebenarnya bisa dipakai untuk menunjukkan daging bagian paha untuk hewan apapun, seringkali ham dipakai untuk menyebut paha babi. Daging ham ini seringnya diolah dengan cara pengasapan atau pengasinan. Bentuknya seringkali diiris tipis atau dipotong dadu.

Nah, tekstur daging ham yang cenderung padat dan lembut ini sekilas mirip daging ayam. Pantas deh kalau ada banyak yang keliru.

2. Bacon

Bacon adalah daging babi yang diproses dengan cara pengasapan. Daging ini berasal dari punggung dan perut babi. Bentuknya berupa irisan tipis dengan warna merah dan putih yang menunjukkan ada lapisan lemaknya. Bacon bisa dijadikan isian burger, sandwich, atau campuran telur goreng.

Masih banyak orang yang kesulitan membedakan daging babi, sapi, dan ayam. (Flickr/

Diane C.)
Masih banyak orang yang kesulitan membedakan daging babi, sapi, dan ayam. (Flickr/ Diane C.)

Kini, ada juga kok bacon yang terbuat dari daging sapi. Tapi, sebutannya adalah “beef bacon”. Kalau bacon biasa sih seringkali terbuat dari daging babi.

3. Lapchiong

Ada dua jenis penyebutan istilah daging babi ini, yakni lapchiong serta lapcheong. Intinya sih, keduanya merujuk pada satu jenis olahan daging babi yang sama, yakni yang terbuat dari daging dan lemak babi yang dikeringkan dan berbentuk sosis. Bedanya dengan sosis sapi atau ayam, sosis babi ini teksturnya lebih kasar serta keras.

Nah, lapchiong ini sering dijadikan campuran makanan-makanan lezat layaknya nasi campur, nasi goreng, mie goreng, dan bihun goreng. Jadi, kalau ada penjual makanan-makanan itu yang menyertakan istilah ini, dipastikan ada daging babinya deh.

4. Samcan

Samcan terdiri atas daging babi serta lemaknya. Banyak pakar kuliner yang menyebut samcan sebagai daging babi dengan rasa yang paling nikmat dan gurih. Alasannya ya karena ada lapisan lemak di dalamnya. Samcan bisa dijadikan olahan babi kecap atau digoreng hingga kering.

5. Sekba

Sekba atau betim sebenarnya adalah jeroan babi. Bahan makanan ini sering ditemukan di makanan-makanan khas Tiongkok Selatan. Biasanya sih, sekba dijadikan sup berkuah dengan rempah yang kuat.

Nah, sudah tahu kan istilah-istilah makanan dengan daging babi? Nggak perlu bingung lagi ya, asal cermat memilih, kamu nggak akan keliru lagi deh memakannya. (Det/IB09/E05)