Biar Nggak Gaptek, Istilah Anak Zaman Now di Twitter Ini Harus Kamu Tahu!

Biar Nggak Gaptek, Istilah Anak Zaman Now di Twitter Ini Harus Kamu Tahu!
Banyak istilah unik anak zaman now di Twitter. (Flickr/ Stock Catalog)

Istilah di Twitter itu unik-unik sehingga banyak orang yang nggak biasa dengan media sosial ini akan kebingungan memakainya. Nah, biar nggak gaptek, ketahui yuk apa saja istilah-istilahnya.

Inibaru.id – Salah satu media sosial yang paling populer di Indonesia adalah Twitter. Di media sosial ini, kamu bisa menemukan banyak hal yang sedang trending. Intinya sih, kamu nggak bakal ketinggalan isu terkini. Masalahnya, bagi yang nggak biasa dengan istilah-istilah anak zaman now di Twitter, bisa jadi akan kesulitan mengikuti media sosial berbasis tulisan ini.

Twitter memang berbeda dari media sosial populer lain seperti TikTok, Instagram, atau Facebook. Di sini, kamu seperti sedang melihat orang-orang yang bercerita atau mengungkap pendapat lewat tulisan dengan jumlah karakter yang terbatas. Kalau di media sosial lain, kebanyakan juga memakai gambar atau video. Nah, meski di Twitter juga memungkinkan untuk memakainya, gambar atau video dianggap sebagai pelengkap saja.

Agar kamu nggak gaptek saat membaca cuitan-cuitan di Twitter, nggak ada salahnya deh mempelajari istilah-istilah Twitter anak zaman now berikut ini.

·         Mutual atau mutualan. Yang dimaksud di sini bukan berarti mencari orang saling menguntungkan ya, melainkan saling mengikuti alias saling follow. Mirip dengan jadi teman di Facebook gitu.

·         GA. Nah, yang ini artinya Give Away alias aksi memberi hadiah. Yang menerima tentu adalah pemiliki akun Twitter. Syaratnya bisa bermacam-macam, Millens, dari harus mem-follow akun tertentu, menjawab pertanyaan, dan lain-lain.

·         Dom. Dom di sini artinya adalah domisili alias tempat tinggal pemilik akun Twitter. Hanya, biasanya sih yang dimaksud nggak sampai detail alamat rumah, melainkan kota atau wilayah di suatu kota.

Banyak akun-akun Base atau Menfess di Twitter. (Tangkapan layar Twitter)
Banyak akun-akun Base atau Menfess di Twitter. (Tangkapan layar Twitter)

·         Ava. Ava ini sebenarnya adalah singkatan dari Avatar. Artinya sih foto profil di Twitter. Nah, di media sosial ini, banyak orang memakai Ava Korea yang artinya adalah memakai foto-foto selebritas K-pop. Kalau Ava Wibu sih biasanya memakai foto atau gambar berbau Jepang dan budayanya.

·         Base. Kalau yang ini merujuk pada akun-akun yang dibuat untuk membahas topik-topik tertentu yang terkait dengan hobi atau kesenangan yang disukai banyak orang. Sebagai contoh, ada Base K-pop atau Base Kereta Rel Listrik (KRL) di Ibu Kota.

·         Menfess. Kalau yang ini sih akun-akun yang isinya adalah cerita dari pengikutnya tentang topik-topik tertentu. Intinya sih tempat memulai ajang pergunjingan seru, Millens.

·         Opfoll atau Open follow. Hanya orang-orang yang diikuti balik oleh akun Menfess atau Base yang bakal bisa mengirimkan cuitan untuk dibagikan admin akun tersebut,

·         Spill. Ini sih dari Spill the tea. Biasanya dipakai saat ada gosip tertentu dan warganet Twitter ingin tahu lebih banyak detailnya, baik itu orangnya, kasusnya, dan lain-lainnya.

·         Thread. Artinya adalah cuitan berantai. Jadinya sih mirip seperti cerita bersambung.

·         PAP. Berasal dari Post a Picture yang artinya kamu diminta untuk mengirimkan foto.

Dari istilah-istilah anak zaman now di Twitter ini, apa yang paling sering kamu pakai, Millens? (Det/IB09/E05)