Biar Nggak Canggung, Hindari Pertanyaan Ini Saat Buka Bersama

Buka puasa bersama teman-teman lama adalah momen yang ditunggu saat Ramadan. Buka bersama dapat menjadi ajang temu kangen dan nostalgia tentang cerita masa lampau, tapi momen ini bisa jadi menyebalkan kalau kamu bertanya seputar hal berikut.

Biar Nggak Canggung, Hindari Pertanyaan Ini Saat Buka Bersama
Ilustrasi buka bersama. (Medium/kulina)

Inibaru.id – Selain takjil dan berburu pakaian baru, salah satu hal yang paling dinanti saat Ramadan tentulah undangan buka bersama teman-teman lama. Setelah sekian lama nggak berjumpa, kamu bisa bertemu dan berbincang bersama temanmu saat buka bersama. Momen ini sekaligus menjadi ajang reuni dan nostalgia.

Selama rentang waktu itu, teman-temanmu tentu telah berkembang dalam jalan mereka masing-masing. Nggak jarang perubahan itu memicu pertanyaan yang tanpa disadari dapat menyakiti hati dan membuat suasana menjadi canggung. Apa saja ya kira-kira?

“Sudah Menikah Belum?”

Komitmen dan hubungan adalah pertanyaan tentang hal pribadi. (Loren's World)

Bertanya soal komitmen dan hubungan adalah sesuatu yang nggak perlu kamu lakukan. Komitmen dan hubungan temanmu dengan seseorang termasuk ranah pribadi, lo. Bisa jadi dia baru saja punya pengalaman buruk soal komitmen dan hubungan sehingga bertanya tentang hubungan akan membangkitkan memori menyakitkan itu.

“Berat Badanmu Berapa sih?”

Ilustrasi bercengkerama sambil makan bersama. (Unsplash/Priscilla Du Preez)

Duh, berat badan juga merupakan isu sensitif untuk ditanyakan, nih. Menanyakan berat badan bisa membuat temanmu merasa malu bahkan minder. Apalagi jika ditanyakan secara terang-terangan di depan teman-teman lainnya, hm nggak banget. Bagi sebagian orang, pertanyaan tentang berat badan bisa dianggap nggak sopan.

“Berapa Gajimu Sebulan?”

Gaji merupakan hal yang sensitif. (Pexels)

Besaran gaji juga merupakan isu sensitif dan termasuk dalam urusan pribadi. Nggak etis rasanya jika kamu menanyakan berapa besar gaji yang temanmu dapatkan dalam satu bulan. Melontarkan pertanyaan semacam itu bisa menimbulkan rasa segan dan minder, serta memicu komentar nggak penting dari teman-teman lain.

“Sudah Dapat Kerja?”

Ilustrasi buka bersama. (Thinkstock)

Kamu nggak pernah tahu bagaimana kerasnya usaha temanmu dalam mencari pekerjaan. Melontarkan pertanyaan basa-basi semacam itu bisa melukai hatinya. Lebih baik ganti pertanyaanmu dengan, “Sibuk apa sekarang?”

“Gimana Kabar Si Dia?”

Jangan tanyakan tentang seseorang yang pernah singgah di hati temanmu. (Thinkstock)

Lama nggak berjumpa mungkin membuatmu melewatkan kabar terbaru tentang temanmu termasuk tentang kehidupan asmaranya. Namun, lebih baik kamu nggak perlu menanyakan kabar tentang seseorang yang pernah menjalin hubungan dengannya. Kamu nggak pernah tahu apakah mereka masih menjalin hubungan atau bahkan temanmu memiliki memori pahit tentang orang tersebut.

Meski telah berkawan dekat dalam waktu lama, melontarkan pertanyaan dalam rangka basa-basi saat buka bersama lebih baik nggak dilakukan. Selain membuat suasana canggung, momen buka bersama yang seharusnya menjadi ajang temu kangen pun akan tercederai. Lebih baik membahas kenangan-kenangan indah semasa kalian bersama deh, Millens. Setuju? (IB10/E04)