Biar Nggak Bosan, Simpan Bukumu dengan Cara-Cara Berikut

Biar Nggak Bosan, Simpan Bukumu dengan Cara-Cara Berikut
Cara menyimpan buku supaya nggak membosankan. (Mapsinternational)

Buku biasanya ditata di dalam rak dengan gaya yang begitu-begitu saja. Biar nggak bosan, coba deh tata bukumu dengan cara-cara ini.

Inibaru.id – Bagi pencinta buku, koleksi buku mereka pasti akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Jumlah buku yang banyak itu mesti ditata dengan rapi supaya mudah saat hendak dibaca sekaligus mencegah kerusakan buku. Namun, bila cara menata bukumu masih begitu-begitu saja, kebosanan bakal kamu rasakan.

Nah, kalau kamu bosan dengan teknik menata buku itu, coba deh ganti tatanan bukumu itu dengan gaya-gaya berikut.

Koordinasi Warna

Setiap buku memiliki sampul yang berbeda-beda, begitu juga dengan warna sampulnya. Namun, bukan nggak mungkin kamu memiliki sejumlah buku dengan warna sampul yang sama. Nah, kamu bisa mengelompokkan buku dengan warna sampul sama dalam satu rak misalnya buku berwarna merah atau buku berstrip hitam.

Kalau bukumu didominasi warna-warna monoton, cobalah berkreasi dengan menyampuli buku-bukumu sesuai dengan warna yang kamu sukai. Kamu bisa menyampul novelmu dengan warna biru, buku motivasi dengan warna kuning, atau buku nonfiksi dengan warna hijau.

Atur Berdasarkan Abjad

Cara kedua yang dapat kamu lakukan adalah mengelompokkan buku berdasarkan abjad awal judul buku tersebut. Hal yang perlu kamu ingat, kata “The” dan “A” biasanya nggak masuk hitungan. Seperti judul buku The Dark Tower, maka buku tersebut dikelompokkan dengan buku lain berawalan huruf D, Millens. Selain mengurangi kebosanan, kamu lebih mudah mencari buku dengan cara ini.

Tambahi “Bumbu” Aksesori

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan yakni dengan mengisi berbagai aksesori kecil. Selain memberikan warna berbeda-beda, aksesori-aksesori tersebut bisa kamu jadikan sebagai pembatas buku lo, Millens. Pemilihan aksesori yang menarik dan enak dipandang juga merupakan salah satu kunci agar rak bukumu nggak membosankan.

High and Low

Mengatur buku dalam posisi vertikal merupakan hal yang biasa dilakukan semua orang. Mulai sekarang, coba kombinasikan buku-bukumu secara horizontal dan vertikal. Kamu juga bisa mengatur buku berdasarkan ukurannya dari yang paling kecil hingga ke paling besar sehingga menimbulkan efek seperti tangga. Bahkan, kamu bisa menaruh satu-dua buku dengan posisi sampul ke depan, sehingga kamu dapat dengan mudah menemukan buku yang dicari.

Cara mana nih yang sudah kamu lakukan, Millens? (IB24/E04)