Biar Nggak Asal Marah ke Kurir, Begini Lo Tips Cerdas Belanja COD

Biar Nggak Asal Marah ke Kurir, Begini Lo Tips Cerdas Belanja COD
Ilustrasi: Belanja online dengan COD. (Inibaru.id/Triawanda TIrta Aditya)

Banyak kasus marah-marah ke kurir gara-gara belanja dengan sistem COD. Nah, biar kamu nggak ikut-ikutan dan jadi malu-maluin, simak deh tips cerdas belanja COD berikut ini.

Inibaru.id – Belakang ini viral sejumlah video yang menunjukkan pembeli dengan cara COD asal marah ke kurir. Padahal, kurir bisa dikatakan hanya bertugas mengirimkan barang. Kalau soal barang nggak cocok dan lain-lain, maka hal ini harus segera diantisipasi oleh pelanggan sebelum membeli barang.

Nah, biar kamu juga nggak asal marah dengan kurir jika ada yang nggak cocok saat membeli dengan cara COD, ada lo cara-caranya. Berikut adalah sejumlah tips belanja COD yang cerdas. Yuk, simak!

Pahami Dulu Mekanisme COD

COD itu kepanjangan dari Cash on Delivery. Intinya sih, kamu bisa bayar barang yang kamu beli secara daring saat barangnya sudah di tangan kamu. Jadi, kamu bisa memastikan barangnya sesuai atau berada dalam kondisi baik terlebih dahulu.

Nah, kamu harus ingat kalau kurir yang mengirimkan barang ini hanya berperan sebagai pengirim barang. Jadi, mereka nggak bisa disalah-salahkan kalau barang yang kamu pesan ternyata nggak sesuai. Intinya sih, kamu harus cek dan kroscek dulu dengan penjual sebelum barang sampai ke tanganmu.

Komunikasi antara pembeli dan penjual ini bisa berupa bagaimana jika barang yang dipesan ternyata nggak sesuai, atau apa yang perlu dilakukan jika memang hal tersebut terjadi. Jadi, kamu nggak perlu deh marah-marah dengan kurir karena tinggal protes ke penjualnya.

Biasanya penjual juga memberikan persyaratan tertentu. Sebagai contoh, kamu harus memvideokan saat kamu membuka barang yang kamu pesan. Nah, video inilah yang jadi barang bukti yang nantinya disampaikan ke pembeli.

Kurir hanyalah mengirimkan barang, jadi sebaiknya nggak asal dimarahi pelanggan COD. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Kurir hanyalah mengirimkan barang, jadi sebaiknya nggak asal dimarahi pelanggan COD. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Tips Cerdas Belanja dengan Metode COD

Biar kamu puas belanja dengan cara COD, ada lo beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Cek Reputasi Toko Online

Pastikan toko online yang kamu beli barangnya punya track record atau reputasi yang baik. Kamu bisa mengeceknya di kolom komentar atau di bagian review. Kalau memang bagus, pasti review pelanggan-pelanggan sebelumnya juga bagus, Millens.

Ada baiknya kamu membeli di marketplace yang memiliki fitur Chat dengan penjual. Jadi, kamu bisa deh kontak-kontakan dulu dengan penjual sebelum membeli barang.

Pastikan juga bahwa marketplace yang kamu beli punya fitur Customer Care. Jadi, kamu bisa memastikan seperti apa proses pembelian dengan sistem COD atau pengiriman barangnya.

2. Pastikan Kamu Membaca Syarat dan Ketentuan Belanja

Ini penting lo, Millens. Daripada kamu marah-marah dulu, bisa jadi kesalahan justru terjadi di kamu yang nggak baca syarat dan ketentuan belanja dengan sistem COD, lo. Padahal, syarat dan ketentuan belanja di setiap marketplace itu beda-beda.

Baca dulu syarat dan ketentuan itu dengan tuntas jadi kamu paham seperti apa mekanismenya. Biasanya termasuk soal pengiriman barang atau apa yang harus dilakukan jika barang yang diterima nggak sesuai atau rusak.

Nah, sudah tahu kan cara-cara cerdas belanja online dengan cara COD, Millens. (Det/IB09/E05)