BI Terus Perkuat Sinergi dengan Polda Jateng

BI Terus Perkuat Sinergi dengan Polda Jateng
Pedoman Kerja (PK) pelaksanaan nota kepahaman antara BI dan Polri. (Inibaru.id/ Audrian F)

Bank BI dan Polda Jateng menandatangani Pedoman Kerja (PK) pelaksanaan nota kepahaman. Hal itu dilakukan untuk memperkuat jalinan kerja sama antara Bank BI dan Polda.

Inibaru.id - Bank Indonesia Jawa Tengah terus menjalin sinergitas dengan Polda Jateng dengan melakukan penandatanganan Pedoman Kerja (PK) pelaksanaan nota kepahaman BI-Polri di wilayah KPwBI Provinsi Jateng, Solo, Tegal, Purwokerto, dan Wilayah Hukum Polda Jateng.

Polda Jateng selalu turut serta membantu BI dalam mengamankan aset negara maupun kegiatan moneter lainnya, termasuk dalam pengawalan pengiriman uang ke sejumlah daerah.

Penandatanganan kesepakatan ini, menurut Kepala Kantor BI Jateng Soekowardojo, hanya meneruskan apa yang sudah disepakati oleh BI Pusat. Pihaknya di daerah hanya menindaklanjuti. Sejauh ini kerjasama antara BI dan Polda Jateng memang sudah berjalan dengan baik.

Kepala Kantor BI Jateng Soekowardojo ingin terus menjalin kerja sama yang baik dengan Polri. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Kepala Kantor BI Jateng Soekowardojo ingin terus menjalin kerja sama yang baik dengan Polri. (Inibaru.id/ Audrian F)

Kepolisian memang telah membantu BI dalam banyak hal. Misalnya pengamanan gedung dan pengawalan distribusi uang antar-kantor wilayah di Jateng. Sementara, pihak BI juga banyak membantu kepolisian dalam urusan pembinaan serta pengawasan seluruh badan usaha, pun juga manajemen kas dan pengolahan uang.

 “Kami di daerah ini menindaklanjuti secara formal penandatangan pedoman kerja. Jadi, di situ diatur bagaimana teknis pengamanan gedung dan pengawalan uang serta penindakan terhadap tindak pidana di bidang pemalsuan uang,” kata Soekowardojo, Rabu (2/12/2020).

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi siap mengerahkan pengamanan jika dibutuhkan oleh Bank BI. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi siap mengerahkan pengamanan jika dibutuhkan oleh Bank BI. (Inibaru.id/ Audrian F)

Sementara, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menambahkan, untuk pengamanan gedung dan pengawalan pengantaran uang antar-kantor BI, hal ini menjadi tugas rutin dari Satuan Brimob Polda Jateng. Pihaknya juga selalu siap jika BI Jateng butuh pengawalan pengantaran uang mendadak.

 “Jadi, tugas Polda Jawa Tengah adalah melakukan upaya preemtif dan preventif terkait dengan moneter di Jawa Tengah,” ujar kapolda.

Penandatangan pedoman kerja ini diharapkan Ahmad Lutfi dapat membuka kerja sama lainnya. Selain itu, pihaknya juga akan terus melakukan evaluasi dari berbagai pengamanan dan pengawalan serta pencegahan tindak pidana moneter atau perbankan. (Audrian F/E03)