Besok Hari Tanpa Bayangan, Jepara Jadi Kota Pertama di Jawa Tengah yang Mengalaminya

Besok, Kamis (10/10/2019) Jepara akan menjadi kota pertama di Jawa Tengah yang mengalami fenomena Hari Tanpa Bayangan. Kapan kota-kota lainnya akan mengalami fenomena serupa?

Besok Hari Tanpa Bayangan, Jepara Jadi Kota Pertama di Jawa Tengah yang Mengalaminya
Hari Tanpa Bayangan. (Malangtoday)

Inibaru.id – Jepara akan menjadi kota pertama dari Provinsi jawa Tengah yang mengalami fenomena Hari Tanpa Bayangan. Fenomena ini diperkirakan terjadi pada Kamis (10/10/2019) pukul 11.24 WIB.

Setyoajie Prayoedhie dari Stasiun Geofisika Banjarnegara menyebut Hari Tanpa Bayangan yang membuat matahari persis berada di atas kepala akan berlangsung empat hari berturut-turut di hari serta waktu yang berbeda-beda.

Pada Jumat (11/10), fenomena Hari Tanpa Bayangan akan terjadi di 15 daerah, termasuk di wilayah Semarang, Blora, Pati, serta Brebes. Keesokan harinya, pada Sabtu (12/10), delapan wilayah seperti Sragen, Ungaran, Salatiga, Banjarnegara dan Purwokerto akan mengalaminya. Sementara itu, pada Minggu (13/10), fenomena ini akan terjadi di wilayah pantai selatan Jawa Tengah seperti di Cilacap, Banyumas, Wonogiri, Surakarta, Sukoharjo, dan Karanganyar.

“Khusus untuk di Banjarnegara dan Purwokerto, titik kulminasi utamanya akan berlangsung pada pukul 11:27:51 WIB dan 11:29.42 WIB,” terang Setyoajie seperti ditulis laman Merdeka, Rabu (9/10).

Fenomena Hari Tanpa Bayangan ini sama sekali nggak berpengaruh bagi aktivitas manusia. Kamu hanya bisa menikmati sensasi nggak melihat bayangan saat berdiri di bawah sinar matahari langsung untuk beberapa saat.

“Efeknya nggak ada. Hanya saja tentu sangat menarik saat kita tidak melihat bayangan,” lanjutnya.

Fenomena ini terjadi akibat munculnya kulminasi utama yang dipengaruhi deklinasi matahari yang sama dengan posisi lintang pengamat. Jika posisi kepala pengamat persis di bawah matahari, maka hal ini akan membuat bayangan tegak lurus dan membuat kita seperti tidak memiliki bayangan sama sekali.

Selain itu, hal ini juga terkait dengan revolusi bumi yang membuat posisi matahari dari bumi terus melakukan gerak semu yang membuatnya berubah sepanjang tahun.

Wah menarik, ya Millens. Kapan lagi bisa menikmati pengalaman nggak bisa melihat bayangan diri sendiri, kan? (IB09/E04)