Berusia 104 Tahun, Peserta Haji Ini Jadi Calhaj Paling Tua

Umur yang sudah rentan, tak menghalangi nenek Baiq (104) untuk menunaikan ibadah haji.

Berusia 104 Tahun, Peserta Haji Ini Jadi Calhaj Paling Tua
Nenek Baiq Mariah. (Foto: sebarr.com)

Inibaru.id – Ketika Tuhan berkehendak, maka segala sesuatunya bisa terjadi. Begitupun ihwal keberangkatan haji, ketika Tuhan memberi kuasa, siapapun bisa di Tanah Suci. Tak peduli miskin, kaya, muda, atau bahkan renta. Ungkapan ini agaknya cocok disematkan bagi seorang jemaah calon haji (calhaj) teristimewa, Baiq Mariah Margani, yang baru saja berhasil menginjakkan kaki di Saudi.

Di yang usianya sudah lebih dari satu abad, tepatnya 104 tahun, Nenek Mariah berhasil menempuh perjalanan udara hingga 12 jam sebelum akhirnya mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAA) Jeddah.

Kehadirannya pada pemberangkatan tahun ini bisa dibilang istimewa, lantaran ia adalah sosok calon haji dengan usia tertua asal Indonesia. Di usianya yang sudah sepuh, dirinya harus dipapah di atas kursi roda. Kendati demikian, ia tetap terlihat bersahaja.

Baca juga: 
Tukang Becak 76 Tahun Naik Haji, Ia Mengaku Menabung Selama 20 Tahun
Berbekal Yakin, Tukang Becak 79 Tahun Ini Akhirnya Bisa Berhaji

Sejak keberangkatan, nenek satu ini memang sudah sering menjadi buah bibir di media masa Tanah Air. Namun, ternyata tak hanya di Indonesia saja ia menjadi Selebrita dadakan, di Saudi pun kehadirannya sudah dinantikan beberapa media. Tak hanya itu, Nenek Mariah juga disambut langsung Konjen RI Jeddah beserta pejabat terkait.

Ingatan Nenek Mariah masih cukup baik ketika ditanya terkait kondisinya dan diajak bersalaman. Pun ketika media lokal Saudi mengajukan beberapa pertanyaan dan sadar kamera.

Dilaporkan dari Liputan6, Nenek Mariah beserta jemaah yang berasal dari embarkasi Lombok ini menjadi pamungkas kedatangan jemaah calon haji Indonesia dari kloter 083 Embarkasi SuraBaiqa atau SUB 083.

Dengan demikian, seluruh calon jemaah haji asal Indonesia tahun 2017 dengan total 523 kloter telah tiba di Arab Saudi secara keseluruhan guna menjalankan rangkaian ibadah haji.

Baca juga: 
9 Cara Ini akan Selamatkan Anda Saat Berbelanja di Tanah Suci
Calon Haji Termuda Asal Sumatera Ini Sisihkan Uang Sejak SMP Demi Bisa Naik Haji

"Total ada 203.065 jemaah dan 2.534 petugas kloter,” kata Kasi Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Daker Mekah Eko Dwi Irianto di Mekah, Minggu (27/8).

Setibanya di Jeddah, Nenek Baiq Mariah langsung diberangkatkan menuju pemondokan di Mekah beserta ratusan jemaah lainnya.

Tak lebih dari empat hari lagi, seluruh jemaah calon haji dari seluruh dunia akan menjalankan puncak ibadah di Arafah, Muzdalifah, dan Mina atau Armina, yang diawali dengan wukuf di Padang Arafah. (OS/IB)