Bertemu Teman Lama yang Jadi Penyapu Jalan, Wali Kota Salatiga Dibanjiri Keluhan

Bertemu Teman Lama yang Jadi Penyapu Jalan, Wali Kota Salatiga Dibanjiri Keluhan
Walikota Salatiga Yuliyanto saat bertemu dengan teman lamanya, sang penyapu jalan Taryono. (Solopos)

Walikota Salatiga Yuliyanto bertemu temannya di masa sekolah, Taryono, yang kini jadi penyapu jalan. Dia pun mendengarkan keluhan terkait kebersihan di Salatiga.

Inibaru.id – Walikota Salatiga Yuliyanto bertemu dengan teman lamanya, Taryono, seorang penyapu jalan yang bertugas di Jalan Jenderal Sudirman, Jumat (7/8/2020). Saat itu, Yuliyanto sedang bersepeda menuju tempatnya berdinas.

Meski senang bertemu dengan teman sekolahnya dulu, Yuliyanto cukup terkejut karena langsung dibanjiri keluhan. Keluhan yang disampaikan oleh Taryono terkait dengan perilaku warga yang masih sering buang sampah sembarangan.

“Setiap hari saya menyapu dari pukul 03.00 WIB, kalau sampah dari daun saya nggak masalah. Tapi, ternyata setiap hari banyak sampah plastik di jalanan,” ucap Taryono, Jumat, (7/8).

Padahal, di tempat dia bekerja, Taryono bisa dengan mudah menemukan tempat sampah. Dia pun semakin nggak mengerti dengan masih banyaknya sampah berserakan.

“Padahal kan ada tempat sampah, kan tinggal memasukkan. Gitu aja kok nggak mau,” ketus Taryono.

Taryono dan Yuliyanto. (Kompas/Dian Adi Permana)<br>
Taryono dan Yuliyanto. (Kompas/Dian Adi Permana)

Yuliyanto mendengarkan semua keluhan Taryono. Dia sama sekali nggak mempermasalahkan keluhan ini karena baginya hal ini adalah masukan yang positif.

“Saya tadi hanya ingin menyapa teman lawas yang sudah lama tidak bertemu, ternyata malah mendapat aduan,” ucap Yuliyanto.

Dia pun menyarankan masyarakat untuk menjaga kebersihan. Menurutnya, kebersihan nggak boleh diserahkan semua tanggung jawabnya ke penyapu jalan atau truk pengangkut sampah. Semua orang juga harus ikut menjaganya.

Selain itu, dia juga menyarankan masyarakat untuk mengurangi sampah plastik dan mulai beralih ke bahan yang lebih ramah lingkungan.

Sebagai seorang yang gemar menggunakan sepeda, Yuliyanto juga menyarankan pesepeda untuk menjadi contoh dan duta kebersihan lingkungan. Mereka bisa menjadi agen untuk berkampanye soal menjaga kebersihan dan lingkungan.

“Para pesepeda, ayo bawa kantong plastik. Kalau ada sampah berserakan, bisa diambil, dikumpulkan, dan nantinya dibuang ke tempatnya. Jadi bersepeda dapat sehat, lingkungan Kota Salatiga juga jadi bersih,” saran Yuliyanto.

Kamu pasti setuju dengan Pak Walikota Salatiga, kan, Millens? Yuk bersama-sama menjaga lingkungan! (Kom/IB09/E03)