Waktu Puasa di Indonesia Cukup Singkat Dibanding Negara-Negara Ini

Waktu Puasa di Indonesia Cukup Singkat Dibanding Negara-Negara Ini
Daftar lama puasa di dunia. (Pixabay/xegxef)

Di Indonesia, kamu hanya perlu puasa setidaknya 13,5 jam per hari. Ini berbeda dengan umat muslim di Oslo yang menahan lapar dan haus hingga 18 jam. Berikut daftar negara dengan waktu puasa tersingkat hingga terlama.

Inibaru.id - Sobat Millens, kalau kamu berpuasa di Indonesia, kamu patut bersyukur. Di Indonesia, kamu hanya perlu berpuasa lebih kurang 13,5 jam. Durasi tersebut termasuk pendek di antara beberapa negara di belahan benua Eropa seperti Norwegia, London, dan Paris.

Tahun ini, umat muslim di Oslo, Norwegia mesti melalui puasa dengan waktu terlama yakni 19,2 jam. Durasi terpanjang itu disusul London, Inggris selama 18,18 jam sehari. Di bawah London, ada Paris, Prancis dengan durasi 16,54 jam.

Setelah itu, New York, Amerika Serikat dan Istanbul, Turki juga sama-sama menempuh waktu puasa sekitar 16 jam. Namun, Istanbul lebih lama yakni 16,30 jam, sedangkan New York 16,04 jam.

Sementara itu, di Lahore, Pakistan lama waktu puasanya adalah 15,21 jam. Bahkan, umat muslim di Makkah mesti melalui puasa sepanjang 14,33 jam. Di Negeri Jiran, Malaysia waktu puasa adalah 13,19 jam, berbeda sedikit dengan Indonesia.

Nah, waktu tersingkat puasa kali ini berada di Melbourne, Australia yakni 11,29 jam. Daftar tersebut sesuai dengan data yang dirilis IslamicFinder.

Perbedaan lama waktu puasa itu dipengaruhi peredaran matahari di negara-negara tersebut. Selain itu, lama waktu puasa juga sesuai dengan musim yang sedang berlaku di sana.

Tuh, jadi jangan ngeluh lama ya, Millens! (IB24/E04)