Jangan Asal Bersin, Ini Etikanya Biar Penyakit Nggak Tersebar

Jangan Asal Bersin, Ini Etikanya Biar Penyakit Nggak Tersebar
Etika-etika bersin. (hellosehat)

Kamu mungkin akan menyalahkan flu yang membuatmu bersin-bersin nggak keruan. Tapi, tahukah kamu kalau nggak seharusnya kamu asal bersin. Yuk simak etikanya biar penyakit yang kamu bawa nggak menular ke orang lain.

Inibaru.id – Flu dan bersin memang nggak bisa dipisahkan. Saat bersin atau batuk, orang akan menutup mulut dengan telapak tangan. Padahal cara ini nggak dianjurkan, lo.

“Jika seseorang bersin ke tangan mereka, itu menciptakan peluang bagi kuman-kuman untuk ditularkan kepada orang lain, melalui tangan atau lewat benda-benda lain yang disentuh,” kata Vincent Hill, kepala the waterbone disease prevention branch dari Centers of Disease Control and Prevention (CDC), mengutip TimesofIndia via medcom.

Hill menambahkan, solusi saat bersin atau batuk yakni dengan menutup mulut dan hidung ke arah lengan bagian atas jika nggak memiliki tisu atau sapu tangan. Juga, kamu bisa menggunakan lekukan tanganmu untuk menutup mulut dan hidung. Nah, setelah bersin kamu juga harus mencuci tangan.

“Agar menghindarkan tersebarnya virus ke orang lain, Anda juga harus membersihkan tangan,” ujarnya.

Beberapa bersin dan batuk bisa jadi nggak mengandung kuman yang berbahaya. Kendati demikian, kamu dianjurkan melakukan etika tersebut, apalagi ketika hendak bersin dan batuk di keramaian.

Hayo, kamu sudah melakukan etika bersin dan batuk ini belum? (IB24/E05)