Bersepeda di Tengah Pandemi, Jangan Lupakan 3 Hal Ini

Bersepeda di Tengah Pandemi, Jangan Lupakan 3 Hal Ini
Bersepeda dianggap sebagai aktivitas sehat yang meningkatkan sistem imun tubuh (Rodalink)

Bersepeda adalah salah satu olahraga yang dinilai dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan meminimalisasi penularan virus Covid-19. Hanya, kamu juga harus memperhatikan tiga hal ini saat melakukannya agar nggak tertular.

Inibaru.id - Angka kasus dan korban jiwa akibat virus Covid-19 masih terus bertambah. Hal ini membuat banyak orang mulai peduli dan mencari berbagai cara untuk membentengi diri dari virus yang menyerang pernapasan ini.

Berolahraga dianggap sebagai salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, berolahraga di tengah pandemi belum tentu akan membuat kita terbebas dari virus corona.

Pernyataan ini dibenarkan oleh dr Michael Triangto, SpKO, Dokter Spesialis Kesehatan Olahraga. Nggak semua orang yang rajin berolahraga bisa terhindar dari virus ini. Bahkan, orang yang sering berolahraga berat justru mudah terinfeksi virus atau penyakit apapun.

"Kita memiliki kurva tipe c. Ada kaitan antara olahraga dengan risiko terinfeksi penyakit. Tidak hanya karena Covid-19, tapi karena penyakit yang lain juga begitu," ujar Michael pada Rabu (22/4/2020).

Besar Kecilnya Risiko Tertular Covid-19

Berolahraga terlalu berat ternyata bisa membuat sistem imun tubuh menurun. Sementara itu, jika kamu berolahraga di luar ruangan dengan banyak orang, risiko tertular virus corona juga meningkat.

"Sementara, kalau kita berolahraga sepeda, bisa di dalam ruangan atau di luar ruangan. Bilamana di dalam rumah, maka risiko untuk terinfeksi menjadi kecil, bukan tidak ada risiko," lanjut Michael.

Meskipun bersepeda bisa membuat risiko terinfeksi virus mengecil, jangan sampai hal ini menurunkan kewaspadaanmu. Kamu tetap kok bisa melakukannya demi membuat tubuh bugar. Hanya, pastikan untuk memperhatikan berbagai hal ini, ya?

1. Pakai Masker

Pakai masker bisa melindungi diri dan orang lain. (Cyclingtime)
Pakai masker bisa melindungi diri dan orang lain. (Cyclingtime)

Bersepeda mengharuskan kamu untuk keluar rumah dan berisiko bertemu dengan banyak orang. Dengan memakai masker, kamu bisa melindungi saluran pernapasan dari penularan virus.

"Saat kita keluar rumah harus pakai masker, setelah dari luar rumah langsung ganti pakaian, cuci bersih, dan mandi dengan sabun," jelas Michael.

2. Langsung Ganti Baju dan Mandi

Jangan lupa pakai sabun! (Shutterstock)
Jangan lupa pakai sabun! (Shutterstock)

Setelah beraktivitas di luar, jangan langsung duduk-duduk santai di dalam rumah ya. Bisa saja ada droplet dari orang lain yang menempel di pakaianmu. Kalau kamu duduk atau melakukan hal lain, droplet yang bisa saja berisi virus ini malah menempel di perabot rumah. Hal ini bisa menginfeksi orang yang tinggal di dalam rumah, lo.

3. Jaga Jarak

Jaga jarak 2 meter ya Millens. (blick.ch)
Jaga jarak 2 meter ya Millens. (blick.ch)

Meskipun kamu sudah pakai masker, kamu harus tetap menjaga jarak antarmanusia. Ingat, WHO menganjurkan jarak sejauh 2 meter dari manusia satu ke manusia lainnya. Kamu harus melakukan hal ini saat berada di luar rumah. Bahkan, saat bersepeda, sebaiknya kamu juga menjaga jarak dari orang lain.

"Tetap jaga jarak, menggunakan masker yang proper. Saya anjurkan menggunakan kacamata, karena pintu masuk virus corona itu mata, hidung, dan mulut," kata Michael.

Pastikan untuk mematuhi ketiga saran ini agar kamu bisa tetap bersepeda dengan aman dan nggak mudah tertular Covid-19, ya Millens. (Kom/MG27/E07)