Bersama Kembangkan Kebudayaan, Seniman dan Pemerintah Perlu Kesepakatan

Bersama Kembangkan Kebudayaan, Seniman dan Pemerintah Perlu Kesepakatan
Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Nasdem Martin Manurung mengatakan dana abadi butuh diimbangi dengan strategi pengembangan kebudayaan. (Martinmanurung)

Pemerintah menggelontorkan dana untuk pengembangan budaya di Indonesia. Menurut anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Nasdem Martin Manurung, selain dana, kesepakatan antara seniman dan pemerintah juga penting.

Inibaru.id - Seniman merupakan salah satu elemen masyarakat Indonesia yang mendapat perhatian dari pemerintah. Hal itu terbukti dari adanya Peraturan Presiden (PP) Nomor 87 Tahun 2021 tentang Pemajuan Kebudayaan. Melalui aturan itu pemerintah peduli terhadap pengembangan kebudayaan di Indonesia.

Hal yang dilakukan pemerintah memberikan dana pengembangan kebudayaan patut diapresiasi. Meski langkah itu dinilai baik, tapi seniman sekaligus anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Nasdem Martin Manurung menyebut respons pemerintah tersebut membutuhkan strategi.

“Dana abadi itu baik sekali untuk negara ini. Bisa menyisihkan sebagian pendapatannya untuk menggerakkan atau memberi apresiasi di bidang kebudayaan. Namun, ada yang lebih penting. Menurut saya harus ada satu political will atau lebih mendasar lagi yaitu kesepakatan bersama bangsa ini. Kita ini mau membuat apa dari budaya ini,” kata Martin Manurung, Rabu (28/9/2022).

Martin menambahkan, dana abadi yang diberikan pemerintah harus diiringi komitmen yang kuat agar dapat memajukan kebudayaan Bangsa Indonesia.

Pendapat tersebut dia sampaikan dalam Forum Diskusi Denpasar 12 yang diselenggarakan oleh DPP Partai Nasdem Bidang Pendidikan dan Kebudayaan dan Bidang Hubungan Sayap dan Badan.

Ilustrasi: Dunia seni dan kebudayaan perlu dikembangkan dan mendapat perhatian dari pemerintah agar mampu bersaing hingga kancah internasional. (MI/Djoko Sarjono)
Ilustrasi: Dunia seni dan kebudayaan perlu dikembangkan dan mendapat perhatian dari pemerintah agar mampu bersaing hingga kancah internasional. (MI/Djoko Sarjono)

Ya, dukungan pemerintah terhadap insan seni di Indonesia amatlah penting. Salah satu bentuk dukungan tersebut menurut Martin adalah memberikan insentif. Di dunia perfilman misalnya, insentif itu bisa membuat seni film berkembang hingga kancah internasional.

“Saya juga pernah mengusulkan bagaimana PFN (Produksi Film Negara) bekerja sama dengan pelaku-pelaku seni peran untuk bisa menghasilkan karya-karya yang suatu saat itu bisa menjadi alat perjuangan kita di dunia internasional,” tutur Martin.

Yup, sepakat banget jika kesenian memang harus disokong oleh finansial yang cukup agar terus berkembang dan melahirkan karya-karya yang mampu bersaing di level dunia. (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Medcom dengan judul Pemerintah Harus Siapkan Strategi Pengembangan Budaya.