Timnas U-16 dan Mimpi Besar di Piala Dunia U-17 2019

Timnas U-16 dan Mimpi Besar di Piala Dunia U-17 2019
Timnas U-16 Indonesia. (Kompas.com)

Usai menahan imbang India, Indonesia dipastikan lolos ke perempat final Piala Asia U-16. Jika dalam pertandingan selanjutnya timnas berhasil mengalahkan lawannya, Indonesia akan lolos sebagai wakil Asia dalam Piala Dunia U-17 di Peru pada 2019 nanti.

Inibaru.id – Usai menahan imbang India dalam laga pamungkas Grup C Piala Asia U-16 pada Kamis (27/9/2018), Indonesia dipastikan lolos ke babak perempat final. Indonesia juga keluar sebagai juara Grup C meskipun skor akhir melawan India imbang 0-0.

Sebagai pemuncak grup, Indonesia bakal melawan peringkat kedua grup D. Ini berarti Irak, Korea Selatan, dan Australia yang ada di Grup D berpotensi menjadi lawan skuat Garuda Muda.

Kepastian lawan yang akan dihadapi timnas U-16 ini akan terlihat usai Grup D melakoni partai penutupan pada Jumat (28/9). Pada laga akhir grup nanti, Korea Selatan dijadwalkan akan bertanding melawan Irak, sedangkan Australia akan menghadapi Afghanistan.

Siapapun lawannya nanti, masyarakat Indonesia berharap anak asuh Fakhri Husaini dapat tampil apik dan merebut kemenangan di laga perempat final. Kemenangan ini adalah kunci bagi Indonesia bila pengin berlaga pada Piala Dunia U-17 2019. Yap, para semi finalis Piala Asia U-16 nantinya akan menjadi wakil Asia pada gelaran sepak bola akbar itu.

Kendati demikian, pelatih timnas U-16 Fakhri mengaku hal itu bukan fokus utama timnas untuk saat ini.

“Kepastian lolos dari fase grup barulah awal. Kami masih punya 90 menit pertandingan lagi untuk dilalui,” tutur pelatih berusia 53 tahun itu seperti ditulis Kompas.com, Jumat (28/9).

Lebih lanjut, Fakhri mengatakan hasil pertandingan melawan India menjadi acuannya membenahi beberapa sektor yang dinilai kurang efektif. Lelaki asal Aceh ini mengungkapkan dirinya akan meminta anak asuhnya bermain lebih agresif.

“Banyak peluang yang tidak tepat karena lawan melakukan pertahanan begitu kuat. Melepas banyak tembakan harus kami lakukan untuk membongkar pertahanan lawan. Saya rasa, hal itu akan menjadi catatan kami untuk pertandingan berikutnya,” tambah Fakhri.

Jika Bagus dkk menang satu laga lagi, Indonesia akan mengikuti jejak Thailand yang merupakan satu-satunya wakil Asia Tenggara yang pernah lolos Piala Dunia. Thailand sudah dua kali bertanding di Piala Dunia yakni pada 1997 dan 1999 silam. Sayang, para punggawa negeri Gajah Putih langsung gugur dalam fase penyisihan grup.

Wah, kesempatan emas nih buat Indonesia. Semoga skuat Garuda Muda bisa mengamankan tiket Piala Dunia U-17 ya, Millens. (IB15/E04)