Berlian Terbesar Kelima Dunia Ditemukan di Lesotho

Sebuah berlian berukuran dua bola golf baru saja ditemukan. Ini gede banget! Namun, ternyata berlian itu "hanya" menempati posisi kelima terbesar dunia. Yang terbesar seberapa ya?

Berlian Terbesar Kelima Dunia Ditemukan di Lesotho
Berlian seukuran bola golf yang ditemukan di Lesotho (QZ)

Inibaru.id – Jika berlian seukuran biji pepaya saja dihargai begitu mahal, gimana kalau seukuran bola golf ya, Millens? Pasti mahal banget! Nah, baru-baru ini sepotong berlian seukuran dua buah bola golf ditemukan di Lesotho. Bisa kamu bayangkan berapa harganya?

Seperti ditulis Liputan6.com, Selasa (16/1/2018), produsen berlian global, Gem Diamonds, menemukan batu berharga tersebut di tempat penambangan berlian Letseng yang ada Lesotho dan Botswana.

Bongkahan berlian 910 karat itu memiliki ukuran dua kali bola golf dan berwarna D tipe Ila. Ini berarti, berlian tersebut hanya memiliki sedikit atau bahkan sama sekali nggak mengandung atom nitrogen, sehingga membuatnya dihargai sangat mahal.

Baca juga:
Girl Band Korut Bakal Manggung di Olimpiade Musim Dingin Korsel
Asyiknya Bergoyang Poco-Poco di Wina

Tambang berlian Letseng memang dikenal luas memiliki berlian dengan ukuran dan kualitas kelas wahid. Harga jualnya juga rata-rata paling tinggi di dunia. Berlian yang baru ditemukan ini saja diklaim menjadi yang terbesar kelima dalam sejarah.

Lantas, berapa harga berlian ini? Analis Liberium Capital Markets, Ben Davis, mengatakan, harga berlian sangat variatif dan ditentukan oleh banyak faktor, nggak semata dari ukutannya. 

“Asumsi kami, harga jualnya sekitar 40 juta dolar AS,” ungkapnya.

Penemuan berlian ini diharapkan mampu kembali menggairahkan keuangan Gem Diamonds yang mengalami krisis sejak tahun lalu yang membuat mereka menutup tambang berlian baru di Botswana.

Gem Diamonds dikenal luas karena berhasil menemukan tujuh batu berlian dengan nilai lebih dari 100 karat pada 2017 dan tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga:
Dolores “The Cranberries” Tutup Usia
Dianggap Nggak Layak Jalan, Mobil “Bermuka Dua” Diberi Tilang

Rekor berlian terbesar masih dipegang perusahaan Cullinan Diamond dengan 3.106 karat yang ditemukan di Pretoria, Afrika Selatan, pada 1905.

Hm, ini berlian gede-gede cocoknya dipakai di perhiasan model apa ya, Millens? (AW/GIL)