Ini Aplikasi Serupa Secreto yang Patut Kamu Coba

Belakangan ini, warganet heboh dengan aplikasi Secreto.site yang dapat menyalurkan pendapat orang lain dengan akun anonim. Nah, ada juga lo aplikasi serupa yang memiliki fungsi yang sama. Apa saja ya?

Ini Aplikasi Serupa Secreto yang Patut Kamu Coba
Secreto.site. (Masgani.com)

Inibaru.id – Sobat Millens, mungkin belakangan ini kamu sering menemui beberapa teman yang membagikan link Secreto.site. Yap, laman yang memungkinkan kamu mendapat komentar "jujur" dari teman-temanmu itu memang sedang marak diakses anak muda. Mereka biasanya membagikan link itu di Instagram, Twitter, bahkan story WhatsApp.

Dengan laman ini, kamu bisa mengetahui penilaian teman terhadap dirimu secara rahasia. Pengirim juga nggak akan disertakan namanya alias anonim sehingga nggak ada kecanggungan di antara kalian. Hm, boleh dicoba nih!

Eits, selain Secreto.site ada juga lo aplikasi serupa yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan penilaian dari temanmu. Berikut beberapa aplikasi yang mirip dengan Secreto.site.

Baca juga:
Menengok Perayaan Hari Kartini di Roma
“Perempuan Jangan Takut Bicara Kekerasan!”

Honestly

Aplikasi ini adalah jejaring sosial yang memungkinkan kamu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan emosimu secara anonim. Kamu bisa mengunggah apa yang ada di pikiranmu dan mengomentari unggahan orang dengan tidak menyebutkan namamu sama sekali. Kamu juga ngga akan diminta untuk membuat akun atau melakukan pendaftaran lo, Millens. Wah!

Interface yang ditawarkan sangat simpel. Kamu hanya perlu swipe layar ke kanan atau kiri untuk menjawab pertanyaan. Cepat dan sangat mudah, kan? Aplikasi keluaran 2015 itu menyediakan pertanyaan dan jawaban yang anonim sehingga kamu bisa jujur menyatakan penilaianmu tanpa perlu khawatir dengan dampak negatifnya.

Ask.fm

Jejaring sosial satu ini paling mirip dengan Secreto.site. Ask.fm mengizinkan pengguna untuk bertanya dan menerima pertanyaan dari siapapun bahkan pertanyaan dari anonim. Kamu hanya perlu menjawab pertanyaan yang diberikan.

Namun, jika ada pertanyaan yang nggak ingin kamu jawab, kamu bisa menghapus pertanyaan itu dari daftar pertanyaan yang datang. Selain itu, aplikasi yang meluncur pada 2010 ini juga menyediakan fitur penyaring pertanyaan bila kamu nggak pengin ditanya akun anonim.

Sarahah

Kompas.com, Kamis (24/8/2017), Sarahah dan Ask.fm memang sama-sama menjunjung sifat anonimitas, tapi Ask.fm bisa juga memunculkan identitas. Kedua layanan itu menjadikan "kolom pesan" sebagai fitur utama.

Baca juga:
Polisi Tetapkan Seorang Guru di Purwokerto sebagai Tersangka Kasus Kekerasan
Elia Massa Manik Dicopot dari Direktur Utama Pertamina

Kendati begitu, tujuan dan mekanisme dua aplikasi ini berbeda. Aplikasi yang diciptakan Zain al-Abidin Tawfiq pada akhir 2016 ini bertujuan memediasi orang-orang terdekat untuk saling bertukar opini jujur, baik berupa saran, kritik, hingga pujian. Kamu bisa juga mengobrol dengan pengguna lain pada aplikasi ini. Namun, kamu hanya bisa melihat nama dan avatarnya. Pada aplikasi ini, kamu juga bisa memblokir teman yang nggak kamu suka.

Nah, itu dia aplikasi serupa buat kamu yang pengin tahu alias kepo atau sedang jadi secret admirer seseorang. Eits, tapi kamu harus menggunakan identitas rahasia dengan bijak lo, Millens. (IB07/E04)