Beredar Gambar Soal PPKn USBN Hoax

Tentang isu.

Beredar Gambar Soal PPKn USBN Hoax
naskah soal palsu (Foto : google)

inibaru.id - Belum lama ini beredar gambar naskah soal PPKn USBN SMA 2017 dengan tipikal soal yang provokatif, lantaran dapat memicu keretakan dalam hubungan umat beragama. Lantas, benarkah ada soal semacam itu yang keluar di naskah soal USBN SMA?

Klarifikasi

Dari hasil investigasi tim hoaxornot.co diambil kesimpulan bahwa gambar tersebut TIDAK BENAR. Pasalnya, jika dianalisa dari tipikal soalnya dapat disimpulkan jika pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang sengaja dibuat oleh oknum tertentu untuk memecah belah dua pihak yang tertulis di soal itu.

Padahal sesuai standar pembuatan soal di tingkat provinsi, tipikal soal semacam itu tidak akan dikeluarkan karena mengandung isu yang sensitif. Terlebih lagi kasus tersebut terjadi belum lama ini. Jika soal semacam itu dikeluarkan pasti akan menimbulkan banyak kontroversi karena menyulut amarah pihak tertentu. Kementerian pendidikan dan kebudayaan di tiap provinsi pasti mempertimbangkan benar aspek tersebut.

Kendati biasanya beberapa soal-soal yang dibuat memang diambil dari kasus yang sedang hangat terjadi, tapi pihak pemerintah biasanya akan cukup berhati-hati dengan isu-isu sensitif yang masih hangat terjadi.

Jika dilihat dari tipe soal naskah USBN SMA 2017 di gambar itu terlihat jika soal tersebut sengaja dibuat oleh oknum tertentu lalu dicetak kemudian dijejerkan dengan cover soal USBN untuk difoto. Untuk memperkuat kesan jika gambar tersebut adalah gambar asli, maka gambar tersebut diberi stempel tulisan “soal macam apa ini?”, sehingga banyak orang akan menganggap jika gambar tersebut adalah asli.

Fakta

Beredarnya gambar soal PPKn USBN SMA 2017 dengan salah satu pertanyaan yang provokatif terkait kerusuhan antar umat beragama adalah berita HOAX.