Berdamai dengan Pandemi, Sterilisasi Masker dengan Rice Cooker

Berdamai dengan Pandemi, Sterilisasi Masker dengan Rice Cooker
Ilustrasi: Hidup berdamai dengan pandemi harus mengenakan masker. (Purdue/Stockphoto)

Selain mencuci menggunakan air dan sabun, sterilisasi masker dengan penanak nasi juga bisa dilakukan. Gimana caranya? 

Inibaru.id – Hidup tanpa masker dalam aktivitas sehari-hari sepertinya sudah nggak mungkin terjadi di tengah pandemi corona, hingga muncullah istilah "mask-life". Biaya tambahan pun harus dikeluarkan untuk memberi masker yang sesuai standar.

Yap, masker kini menjadi salah satu kebutuhan pokok. Laiknya pakaian, masker pun harus selalu dibersihkan bila sudah dipakai seharian.

Mencuci dengan sabun dan air lalu disemprot dengan disinfektan menjadi cara yang sering dilakukan untuk mencuci masker. Namun, sebuah studi membuktikan, ada cara yang lebih mudah dalam membersihkan masker, tanpa mereduksi kemampuannya.

Selain dengan air dan sabun, masker juga bisa disterilisasi menggunakan penanak nasi. Penelitian Urbana-Champaign dari Universitas Illinois, AS, menyebutkan, penanak nasi mematikan empat kelas virus, termasuk virus Corona.

Uji coba yang diterbitkan dalam jurnal Environmental Science and Technology Letters itu membuktikan, masker N95 yang disterilisasi dengan penanak nasi bersuhu minimal 100 derajat Celsius selama 50 menit terbebas dari sejumlah virus. 

Dibandingkan dengan membersihkan masker penggunakan mesin cuci, membersihkan masker menggunakan penanak nasi dinilai lebih efektif karena nggak hanya akan membersihkan masker dari kontaminasi virus, tapi juga menjaga agar ukuran dan kemampuan masker nggak berubah.

Yang Perlu Kamu Perhatikan

Masker N95 bisa disterilisasi dengan penanak nasi. (University of Illinois/Chamteut Oh)
Masker N95 bisa disterilisasi dengan penanak nasi. (University of Illinois/Chamteut Oh)

Gimana cara melakukan sterilisasi masker dengan penanak nasi? Inilah yang harus kamu perhatikan dengan saksama!

1. Penanak nasi harus memiliki mode panas kering

Saat meletakkan masker ke dalam penanak nasi, pastikan kamu sudah menggunakan mode dry heat. Ehm, kamu sedang membersihkan masker, bukan menanak nasi. Jadi, jangan diberi air. Setel suhu minimal 100 Celsius selama 50 menit.

2. Letakkan handuk kering di dasar panci

Sebelum meletakkan masker ke dalam penanak nansi, pastikan kamu sudah melipat handuk kecil untuk alas di bagian dasar panci, ya. Hal itu dilakukan agar masker nggak menyentuh panasnya permukaan penanak nasi.

3. Bisa membersihkan beberapa masker sekaligius

Agar pekerjaan lebih cepat selesai, kamu bisa lo membersihkan masker sekaligus dalam jumlah banyak ke dalam penanak nasi. Masker akan tetap tersterilisasi dengan baik asal nggak menyentuh bagian dasar panci dan panci masih bisa  tertutup dengan baik.

Cara ini harus banget kamu coba di rumah ya, Millens! Selain menguragi biaya untuk pembelian masker baru, masker tetap bisa terjaga kebersihannya ketika dipakai ulang. (MG32/E03)